>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Buntal, Wajib Kamu Ketahui

Ciri Ciri Ikan Buntal

Untuk Anda yang gemar melihat film kartun animasi pasti sudah sangat familiar dengan ikan laut yang satu ini. Ikan Buntal adalah spesies laut yang dikenal sangat berbahaya karena memiliki racun yang fungsinya untuk melindungi dirinya dari ancaman yang ada. Keunikan lainnya dapat Anda temui dari ukuran tubuhnya yang akan membesar sebagai mekanisme pertahanan lainnya yang berguna untuk menakuti predator untuk tidak memangsanya. Ciri ciri ikan Buntal yang telah disebutkan sebelumnya membuat ikan tersebut harus Anda hindari apabila sewaktu-waktu bertemu dengan spesies ikan yang satu ini.

Berikut Morfologi dan Ciri Ciri khusus dari Ikan Buntal yang Perlu Dipahami

1. Warna Menarik

Ikan yang hidup di dalam laut kali ini memiliki pola warna yang sangat menarik pada bagian tubuhnya yang membuat Anda akan tertarik karena akan terlihat lucu dan menggemaskan. Warnanya yang menarik tersebut juga dapat dijadikan indikasi bahwa ikan ini memiliki racun yang sangat mematikan.

Anda dapat dengan mudah menemukannya karena warna uniknya yang seakan membuat ikan ini terlihat sangat bermanfaat dan tidak berbahaya. Tubuhnya juga terbilang cukup bundar sedikit memanjang dengan perutnya yang agak besar serta bibirnya yang agak menonjol. Anda yang melihatnya di dalam air perlu lebih waspada dan tidak melakukan kontak langsung dengannya ya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tiger Barb

2. Beracun

Ciri ciri ikan Buntal yang perlu anda pahami bahwa dibalik warnanya yang lucu dan menarik Anda juga harus memperhatikan hal berbahaya yang ada di dalam tubuhnya. Racun-racun mematikan tersebut berada pada organ tubuh yang berada didalam dan juga dari duri-duri yang sangat beracun apabila tersentuh oleh Anda dan predator yang ada di bawah laut. Racun yang mematikan itu berguna disaat ia membutuhkan perlindungan dari ancaman dari predator yang mencoba untuk memangsanya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Congo Tetra

3. Tubuhnya Dapat Menggelembung

Untuk Anda yang menemukan ikan ini dalam keadaan menggelembung alangkah lebih baik untuk menjauhinya. Menggelembungnya tubuh ikan ini dapat dijadikan sebagai sebuah indikasi bahwa dirinya sedang dalam keadaan yang terancam yang dimana juga mengaktifkan zat-zat beracun pada tubuh ikan laut yang satu ini. ciri ciri ikan Buntal yang satu ini cukup membuatnya terlihat sangat lucu meskipun ia sangat mematikan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

4. Ukuran Tubuh

Ikan unik yang satu ini disebut-sebut dapat tumbuh hingga berukuran empat kaki atau sekitar 120 cm. Ikan ini juga seringkali ditemukan dengan ukuran tubuhnya yang tidak terlalu panjang sehingga menambah keimutan yang dimilikinya. Tetapi dapat ditemui juga ukuran dari ikan Buntal yang dapat melebihi dari ukuran seekor bayu Buaya. ciri ciri ikan Buntal yang telah disebutkan kali ini membuatnya makin terlihat lucu bahkan dianggap tidak mematikan untuk orang awam yang belum mengetahuinya. Dengan ukuran tubuhnya yang unik tersebut ikan ini seakan cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang aslinya sangat berbahaya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gabus

5. Habitatnya

Tahukah Anda bahwa ikan yang satu ini ternyata masuk kedalam keluarga dari Tetraodontidae atau bisa hidup dalam dua jenis air yaitu tawar dan asin. Pada air tawar ikan ini biasanya ditemukan pada wilayah sekitaran sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan dan banyak dihuni oleh ikan-ikan unik lainnya. Untuk wilayah lautnya ikan ini seringkali ditemukan pada wilayah laut seperti, samudra Pasifik, laut merah, dan daerah samudra lainnya. ciri ciri ikan Buntal yang unik lainnya juga dirinya mampu merubah arahnya saat berenang maju dan mundur meskipun bentuknya yang terbilang unik.


Ciri Ciri Ikan Buntal - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Buntal, Wajib Kamu Ketahui"