>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Ikan Congo Tetra Si Ikan Pelangi

Ciri Ciri Ikan Congo Tetra

Ikan hias dengan warna yang spektakuler, itu adalah sebutan yang sangat pantas disematkan kepada ikan yang berasal dari Afrika ini. Warna dan bentuknya benar-benar bisa memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Karena itu, tidak heran jika ikan congo tetra menjadi buruan para pecinta ikan hias di seluruh dunia. Maka dari itu kami akan membagikan sekilas ciri ciri ikan congo tetra ini, agar anda bisa mengenalnya lebih dekat.

Berikut ini adalah morfologi dan ciri ciri ikan congo tetra yang berhasil kami rangkum

1. Kepala

Untuk bagian kepala, sebenarnya tidak ada yang spesial dari ikan hias yang satu ini. Kepalanya runcing dengan mata yang besar di bagian sisinya. Mulutnya condong menghadap ke atas, dan terdapat gigi-gigi kecil yang runcing di dalamnya. Mempertegas bahwa ikan ini mampu memangsa ikan lain.

2. Tubuh

Ciri ciri ikan congo tetra berikutnya adalah bentuk tubuhnya yang oval, pipih dan memanjang. Pada ikan yang jantan, tubuhnya dilengkapi dengan sirip-sirip panjang dan merumbai di bagian atas dan bawah tubuhnya hingga ekornya. Namun hal tersebut tidak dapat kita temui pada betinanya. Maka dari itu, sang pejantan menjadi lebih indah dipandang dibandingkan dengan si betina.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

3. Warna

Bagian ini adalah yang menjadi daya tarik utama dari ikan congo tetra. Tubuhnya didominasi oleh warna biru metalik dan pada punggungnya ada sedikit warna keemasan. Sedangkan pada sisi tubuhnya terdapat beberapa variasi warna mulai dari biru, hijau hingga kuning gelap. Menariknya lagi, tubuhnya akan terlihat berkilauan saat terkena cahaya lampu.

4. Ukuran

Ikan congo tetra adalah tipe ikan yang pejantanya lebih besar dari betinanya. Untuk jenis kelamin jantan, maksimal panjangnya adalah 8,5 cm. Sedangkan pada betinanya 6 cm. Cukup kecil untuk ukuran ikan hias. Namun, perlu dicatat bahwa ikan ini adalah salah satu yang terbesar bila dibandingkan dengan spesies ikan tetra lainya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gabus

5. Habitat

Ikan ini adalah hewan asli Afrika, tepatnya daerah Kongo yang menjadi inspirasi namanya. Mereka biasanya tinggal di sungai, anak sungai, kolam, dan rawa-rawa. Maka dari itu ikan ini lebih menyukai air yang keruh serta sedikit asam. Selain itu mereka juga biasa berkumpul di tempat yang memiliki tumbuhan air yang melimpah.

6. Telur

Induk dari congo tetra umumnya bisa menghasilkan 100 hingga 300 butir telur. Selanjutnya telur-telur itu akan menetas selama kurang dari 6 hari. Mereka akan langsung berenang dan mencari makan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nilem

7. Makanan

Ikan hias satu ini adalah jenis hewan omnivora. atau mereka bisa memakan daging dan tumbuhan. Di alam liarnya, mereka biasa memakan serangga, cacing atau beberapa jenis tumbuhan air. Maka dari itu, sebagai peliharaan ikan ini cukup mudah dalam hal makan. Mereka bisa makan makanan buatan seperti pelet, ataupun makanan alami seperti cacing beku.

8. Kebiasaan

Ciri ciri ikan congo tetra dari segi kebiasaanya adalah mereka jenis ikan yang tidak agresif. Mereka bahkan cenderung pemalu terhadap ikan lain yang tidak satu spesies. Ikan ini terbiasa hidup bergerombol membuatnya semakin enak dipandang saat berenang kesana kemari secara berkelompok.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Patin

9. Kemampuan Bertahan Hidup

ciri ciri ikan congo tetra dalam hal bertahan hidup adalah mereka cukup sensitif dengan kondisi air. Tingkat keasaman dan suhu menjadi hal yang sangat penting untuk ekosistem mereka. Jika tidak diperhatikan, mereka bisa dengan mudah sakit atau bahkan mati.


Ciri Ciri Ikan Congo Tetra - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Ikan Congo Tetra Si Ikan Pelangi"