>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Ikan Gabus Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Gabus

Belakangan, nama ikan gabus menjadi sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Karena konon ikan ini mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain bergizi, ikan ini juga banyak difungsikan sebagai ikan hias. Maka tidak heran ikan satu ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Ada baiknya kita mengenal lebih dekat ikan unik satu ini. Agar tidak salah pilih, kita akan bagikan ciri-ciri ikan gabus.

Berikut Ini Adalah ciri-ciri ikan gabus

1. Kepal

Bentuk kepala dari ikan pemangsa ini memang sedikit mengerikan. Bentuknya pipih seperti ular dengan mulutnya besar menganga. Memperlihatkan gigi-giginya yang besar dan tajam. Diatasnya terdapat sisik-sisik yang semakin membuatnya identik dengan ular. Makanya di dunia barat ikan ini dijuluki “Snake Head” atau si kepala ular.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nilem

2. Tubuh

Beberapa orang beranggapan tubuh dari ikan gabus ini mirip dengan ikan lele. Namun tubuh dari ikan gabus lebih bulat dan memanjang. Siripnya berada di atas tubuhnya, dari belakang kepala, memanjang hingga sirip ekor yang membulat di ujungnya. Jika disentuh, tubuhnya memiliki permukaan yang licin.

3. Warna

Ciri ciri ikan gabus berdasarkan warnanya adalah, dari atas ikan ini bernuansa gelap. Warnanya hitam kecoklatan atau kehijauan. Namun pada bagian bawah perutnya, ikan ini berwarna putih dan sedikit kecoklatan. Lalu di bagian samping terdapat corak motif abstrak yang mendominasi.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Patin

4. Ukuran

Ciri-ciri ikan gabus yang berikutnya adalah ukuranya. Pada ukuran terbesarnya, ikan gabus bisa mencapai panjang 80 cm sampai 1 meter. Ukuran yang cukup besar untuk ikan air tawar. Sedangkan beratnya sendiri pada ukuran yang mencapai 1 meter, bisa mencapai 5kg.

5. Habitat

Beberapa ahli percaya bahwa ikan gabus adalah spesies asli Indonesia. Mereka adalah ikan air tawar yang biasa hidup di tempat yang berair tenang seperti danau, waduk, atau rawa-rawa. Habitat asli mereka adalah air yang keruh dan agak kering. Di Indonesia sendiri ikan gabus bisa dengan mudah ditemukan di perairan Kalimantan hingga Sumatra.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Sepat

6. Makanan

Ikan ini biasa disebut ikan predator, karena mereka adalah hewan karnivora/ memakan hewan lain. Hewan ini tergolong hewan yang rakus, ikan ini akan memakan semua yang ada dalam jangkauanya, seperti sesama ikan, kepiting, katak, udang dan hewan air lainya. Bahkan hewan seperti cacing, serangga dan hewan darat lainya. Karena mereka mampu hidup dani darat dengan waktu yang cukup lama.

7. Telur

Ikan gabus pada musim kawin akan menyiapkan sarang di tepian perairan. Populasi dari ikan ini sangat luar biasa, karena konon si betina mampu bertelur hingga 10.000 butir dalam setahun. Telur yang sudah menetas akan menghasilkan anak ikan berwarna jingga bergaris hitam. Mereka akan berenang secara kelompok untuk bergerak mencari makan dan diawasi oleh induknya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Sidat

8. Kebiasaan

Dalam mencari makan, predator ini adalah hewan yang sangat agresif. Ikan ini akan memburu mangsa yang berdiam diri di sekitar tanaman air. Cara ini dilakukan agar mereka bisa menghindari penglihatan mangsanya. Dengan cepat dan tiba-tiba, ikan ini akan berenang cepat ke arah mangsanya. Ketika mereka telah berhasil mendapatkan mangsanya, ikan ini menelannya langsung. Hal ini bisa mereka lakukan karena mulutnya yang lebar.

9. Bertahan Hidup

Ciri-ciri ikan gabus dalam bertahan hidup merupakan sesuatu yang cukup unik. Mereka bisa hidup cukup lama di daratan, bahkan mereka juga bisa berjalan di daratan. Khususnya di musim kemarau pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh semacam organ labirin yang mereka miliki, membuatnya mampu bernapas langsung dari udara.


Ciri Ciri Ikan Gabus - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Ikan Gabus Jantan dan Betina"