>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Neon Tetra, Ikan Mungil yang Cantik dari Amazon

Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

Bagi kamu pecinta ikan hias, mungkin sudah sangat familiar dengan ikan cantik ini. Ikan yang berasal dari daerah Amazon, Amerika Selatan ini disebut juga dengan Hyphessobrycon innesi atau Paracheirodon innesi. Ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar. Keunikan dari ikan ini terletak pada warna tubuhnya yang eksotis dan spektakuler, terlebih saat tubuhnya mendapatkan sinar cahaya lampu. 

Mungkin itu sebabnya ikan ini dinamakan dengan ikan neon. Ikan ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk mengisi aquascape kamu agar terlihat lebih indah dan lebih berwarna. Untuk mengenal lebih jauh bagaimana ciri ciri ikan neon tetra, mari baca artikel ini sampai habis.

Ciri Ciri Ikan Neon Tetra jantan dam betina

1. Warna tubuh

Ciri ciri Ikan neon tetra yang pertama adalah ikan ini memiliki keunikan yang terletak pada warna di tubuhnya. Warna-warna mencolok yang dimilikinya membuat ikan ini terlihat bercahaya di dalam air meskipun dalam keadaan gelap.

Pada bagian sirip punggungnya berwarna biru terang. Sementara pada bagian perutnya berwarna putih. Di antara pangkal ekor sampai bagian atas berwarna merah menyala. Namun, pada bagian sirip memiliki warna yang transparan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gabus

2. Ukuran ikan

Memiliki ukuran yang kecil menjadi ciri ciri ikan neon tetra berikutnya. Tubuhnya maksimal hanya berukuran 3 cm saja. Untuk beratnya, antara ikan jantan dan betina memiliki perbedaan. Ikan neon tetra jantan beratnya hanya sekitar 3,5 gram saja. Sementara untuk yang betina, beratnya sekitar 4,4 gram.

Dilihat dari bentuknya ikan neon tetra jantan lebih ramping dari pada ikan neon tetra betina. Jika kamu memelihara ikan ini, jangan sampai mencampurnya dengan ikan yang ukuranya lebih besar dan ikan yang lebih agresif, karena ikan ini bisa mati akibat dimangsa ikan lainnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nilem

3. Habitat

Selanjutnya, ciri ciri ikan neon tetra dapat dilihat dari habitatnya. Dimana ikan ini bisa beradaptasi dengan kondisi suhu air secara cepat. Di habitat aslinya, ikan ini berada di perairan yang bersuhu 20-26 derajat celcius dan sedikit asam.

Selain itu, ikan ini juga terbiasa hidup di perairan yang tidak begitu terang, serta banyak akar-akar pohon yang berserakan. Neon tetra dapat dengan mudah untuk dipelihara di akuarium dengan PH air sekitar 5,0-7,0. Agar ikan ini lebih nyaman, kamu dapat mengakalinya dengan memberikan sentuhan tanaman hias aquatik di akuarium kamu.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Patin

4. Makanan ikan

Ikan neon tetra biasanya memakan apa saja yang ada di dalam akuarium. Namun, umumnya para pemelihara ikan ini akan memberikan makanan yang ukuranya lebih kecil dari si ikan neon. Makanan alami yang cocok untuk ikan ini seperti cacing darah atau bloodwors, cacing sutra, artemia, dan kutu air sebagai makanan utamanya.

Selain pakan alami, neon tetra juga bisa diberi pakan pabrikan. Pada saat ikan masih baru menetas, biasanya akan diberi makan juvenile dengan infusoria serta kuning telur. Jangan sampai kamu memberi makan secara berlebihan. Karena hal ini dapat menyebabkan akuarium cepat kotor dan membahayakan kesehatan ikan. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Sepat

5. Ikan yang tenang

ciri ciri ikan neon tetra lainya adalah Ikan ini memiliki sifat yang tenang. Mereka suka hidup berkelompok. Meski begitu ikan ini tidak bisa disandingkan dengan sembarang ikan. Jenis ikan yang cocok untuk hidup bersama ikan neon tetra adalah ikan platy, ikan guppy, ikan molly, dan ikan hias kecil yang lain, asalkan tidak bersifat agresif.


Ciri Ciri Ikan Neon Tetra - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Neon Tetra, Ikan Mungil yang Cantik dari Amazon"