>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ciri Ciri Ikan Tiger Barb yang Sangat Menarik

Ciri Ciri Ikan Tiger Barb

Tiger barb atau biasa disebut ikan Sumatra adalah suatu jenis ikan yang hidup dan berkembang pada air tawar. Hewan ini juga merupakan ikan hias yang berasal asli dari wilayah Indonesia. Mereka tinggal pada aliran-aliran sungai berarus tenang berbatu dan banyak pepohonan. ciri ciri ikan Tiger barb yang paling mudah dikenali adalah tubuhnya memiliki pola garis hitam di tubuhnya dengan perpaduan sedikit warna oranye yang membuat ikan ini sekilas mirip seperti corak dari Harimau.

Berikut Ciri Ciri Umum Ikan Tiger Barb asli

1. Habitat

Ciri ciri ikan Tiger barb yang pertama adalah habitatnya berada pada aliran sungai. Hewan ini dapat Anda temui pada aliran sungai di beberapa wilayah Indonesia seperti pulau Sumatera dan Kalimantan. Mereka biasanya hidup berkelompok pada aliran sungai yang jernih dengan pasir di bagian bawahnya beserta bebatuan dan pepohonan sebagai tempat tinggalnya. Ikan ini akan lebih sering Anda temukan pada aliran sungai yang jernih dan memiliki kadar oksigen yang baik. Namun juga terkadang Anda dapat menemukannya pada bagian endapan air lainnya seperti rawa-rawa seiring berkembangnya ikan ini dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Congo Tetra

2. Corak

Ciri ciri ikan Tiger barb yang paling mencolok adalah coraknya yang mirip seperti Harimau. Anda dapat mengenalinya dengan sangat mudah karena ikan yang satu ini berwarna oranye dan dilengkapi dengan loreng hitam yang melingkar pada bagian tubuhnya. Kombinasi warna yang dimilikinya tersebut menjadi daya tarik utamanya sehingga ikan ini sampai diekspor menuju negara seperti Amerika di tahun 1992 yang menjadikan populasinya melonjak sebanyak 2,6 juta pada saat itu.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

3. Ukuran Tubuh

Ikan khas air tawar kali ini memiliki ukuran tubuh yang kecil sekitar 7cm sampai dengan 15cm. Ukuran tubuhnya tersebut dapat melincahkan pergerakannya di dalam air sungai yang berarus tenang. Untuk membedakan antara ikan Tiger barb jantan dan betina dapat Anda ketahui dari ukuran tubuhnya. Ciri ciri ikan Tiger barb betina adalah ukuran tubuh dan perutnya yang lebih besar daripada si pejantan. Sedangkan bentuk tubuh dari pejantannya memiliki ukuran yang normal dan coraknya lebih cerah.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Gabus

4. Makanan

Pada habitat aslinya ikan ini akan memangsa serangga yang hidup dari pepohonan di sekitar wilayah aliran sungai. Ikan tersebut juga akan memakan lumut-lumutan ataupun alga yang sering terdapat pada bebatuan dan dasar dari sungai yang berpasir. Ikan air tawar ini pada umumnya dapat bertahan hidup selama 4 tahun.

5. Deskripsi Warna

Selain corak warna yang dimilikinya terbilang spesial, ikan tersebut juga memiliki warna lainnya di bagian tubuh seakan melengkapi keindahan yang dimilikinya. Pada bagian mulut, ekor, dan sirip perutnya cenderung memiliki warna merah yang juga cukup mudah untuk Anda kenali.

Sedangkan pada bagian dubur dan siripnya ia memiliki warna kehitaman yang menjadikan ikan ini terlihat semakin mempesona. Pada sisi tubuhnya terdapat garis-garis merah yang berada disamping corak hitamnya seolah sebagai pembatas sehingga membuat kombinasi warnanya makin terlihat mencolok. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nilem

6. Bentuk Tubuh

Ciri ciri ikan Tiger barb yang terakhir terdapat pada bentuk tubuhnya yang mudah Anda kenali. Ikan yang satu ini memiliki perawakan yang pipih dan bulat seperti ikan Mas namun dalam versi mininya. Ikan Tiger barb masih termasuk kedalam keluarga Cyprinidae yaitu golongan ikan tawar yang rata-rata bertubuh besar dan bulat seperti ikan Mas, Karper dan sebagainya.


 Ciri Ciri Ikan Tiger Barb - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "6 Ciri Ciri Ikan Tiger Barb yang Sangat Menarik"