>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Rumus Mikrometer Sekrup

Rumus Mikrometer Sekrup

Bagi Anda yang belum tahu, mikrometer sekrup merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suatu benda. Dengan kalibrasi dan tingkat presisi yang tinggi, Anda bisa mendapatkan hasil perhitungan dengan ketelitian hingga 0,01 mm. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui rumus mikrometer sekrup, sehingga membacanya menjadi sulit.

Sejarah Mikrometer Sekrup

Alat ini ditemukan pada abad ke-17 oleh seorang ilmuwan yang terkenal, yang memiliki nama William Gascoigne. Alat ini dibuat sebab ia membutuhkan alat ukur yang lebih presisi dibandingkan dengan jangka sorong.

Penggunaan alat ini yang pertama adalah mengukur jarak sudut antar bintang, kemudian ia juga digunakan untuk mengukur benda yang ada di luar angkasa (pengertian mikrometer). Pengukuran tersebut tidak dilakukan dengan mikrometer sekrup semata, namun ia juga dibantu oleh teleskop bintang agar hasilnya lebih akurat. 


Membaca Mikrometer Sekrup

Agar Anda bisa menggunakan alatnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu dua bagian dalam alat ini. Dalam garis ukurnya terdapat dua buah skala, yang pertama adalah skala utama dengan ukura yang lebih besar, sedangkan skala kedua adalah skala nonius atau verneir dengan garis yang lebih rapat.

Untuk membaca skala nonius, Anda bisa melihatnya di bagian thimble, sedangkan untuk skala utama bisa Anda lihat di bagian sleeve. Selanjutnya Anda menggunakan rumus membaca mikrometer sekrup untuk melakukan pengukuran. 


Rumus Mikrometer Sekrup

Selanjutnya adalah rumus mikrometer sekrup, sehingga Anda bisa membacanya dengan benar. Pertama Anda lihat terlebih dahulu bagian skala utama, misalnya jika garis berhenti di angka 5, maka ukurannya adalah 5 mm. Jika terdapat satu garis lebih melewati angka 5, maka ukurannya 0,5 mm.

Maka jumlahkan angka tersebut, dari 5 mm dan 0,5 mm, maka jumlah yang akan skala utama yang akan Anda dapatkan adalah 5,5 mm. Selanjutnya Anda hanya tinggal menghitung skala nonius di bagian thimble. Misalnya garis dari skala utama bersinggungan dengan skala nonius di angka 26, maka skala noniusnya adalah 0,26 mm. 


Selanjutnya terkait dengan hasil keseluruhan pengukuran, jika Anda sudah mengetahui skala nonius dan skala utamanya, maka Anda hanya perlu menambahkannya. Jika skala utamanya 5,5 mm dan skala noniusnya 0,26 mm, maka hasil yang di dapatkan adalah 5,76 mm. 

Fungsi Mikrometer Sekrup

Setelah mengetahui bagaimana rumus menggunakan dan membaca mikrometer sekrup, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Agar terhindar dari kesalahan penghitungan, Anda bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini:
  • Objek yang hendak diukur sebaiknya diletakkan menempel, usahakan untuk tidak berpindah-pindah.
  • Letakkan objek di bagian poros tetap, kemudian putar bagian thimble hingga objek terjepit oleh poros yang ada.
  • Putar bagian ratchet, sehingga hasil perhitungan menjadi lebih presisi. Geser secara perlahan guna melihat garis yang tepat, jika sudah tepat lihat bagian skala utama dan skala noniusnya.
  • Tambahkan skala utama serta skala noniusnya, sehingga Anda mendapatkan hasil pengukuran yang lebih presisi.

Itulah langkah mudah untuk mendapatkan hasil yang akurat ketika menggunakan mikrometer sekrup. Dengan mengetahui rumus mikrometer sekrup, Anda bisa mendapatkan hasil ukuran yang lebih detail dan tepat sesuai dengan ukuran benda yang sebenarnya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk menghitung hasil penggunaan mikrometer sekrup dengan lebih akurat dan sesuai dengan aturan yang ada.


Rumus Mikrometer Sekrup - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "Mengenal Rumus Mikrometer Sekrup"