5 Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua yang pernah berkuasa di Indonesia. Kerajaan ini dipimpin oleh raja yang bernama Mulawarman dan banyak diceritakan dan tertulis di atas prasasti. Kerajaan ini meninggalkan banyak jejak yang dapat digunakan untuk mengetahui sejarah masa lampau. Berikut ini beberapa peninggalan Kerajaan Tarumanegara beserta penjelasannya.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

1. Prasasti Tugu

Prasasti Tugu tarumanegara

Prasasti Tugu yang merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan di Jakarta Utara, tepatnya di daerah Cilincing. Prasasti yang ditulis dengan menggunakan bahasa sansekerta ini berita mengenai perintah pembangunan terusan di kawasan Sungai Gomati. Perintah tersebut berasal dari Raja Purnawarman yang ditujukan kepada masyarakatnya.


Terusan yang dibangun ini tentunya memiliki tujuan sebagai pencegah terjadinya bencana banjir pada saat musim hujan. Selain itu, terusan juga dapat digunakan sebagai jalan penghubung yang dapat diakses secara bebas oleh para masyarakat. Jalan terusan tersebut dibangun dengan panjang sekitar 6.122 tombak.


2. Candi

candi tarumanegara

Peninggalan dari Kerajaan Hindu Tarumanegara satu ini dapat Anda temukan di daerah Karawang Jawa Barat tepatnya di Desa Segaran. Candi ini terletak di dekat pemukiman dan berada di tengah sawah. Situs peninggalan satu ini dapat bebas Anda kunjungi tanpa merusak sawah milik warga. Disini Anda dapat menikmati sekitar 62 candi yang tersebar di tengah sawah.


3. Prasasti Jambu

Prasasti Jambu tarumanegara


Kata jambu sebagai nama prasasti berasal dari daerah dimana ditemukannya prasasti ini, yaitu perkebunan jambu di kawasan yang berjarak 30 km dari Bogor. Dalam Prasasti Jambu tertulis bahwa Raja Purnawarman memiliki banyak kelebihan. Kelebihan tersebut yaitu selalu memberikan hadiah kehormatan bagi rakyatnya yang setia, memiliki kekuatan dan tak terkalahkan, serta dapat menghancurkan musuh yang menyerangnya. Prasasti ini juga berisi tentang pujian kepada Raja Purnawarman.


4. Prasasti Kebon Kopi

Prasasti Kebon Kopi tarumanegara

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara berikutnya yaitu Prasasti Kebon Kopi. Anda akan melihat kaki gajah yang berjumlah 2 yang tergambar di atas prasasti ini. Dalam catatan yang tertulis, gambar tersebut merupakan telapak kaki dari gajah yang ditunggangi oleh penguasa Taruma. Salah satu gajah tersebut dinamakan sebagai Airawata yang merupakan gajah yang ditunggangi oleh Batara Indra (dewa perang). Prasasti ini ditemukan di Muara Hilir Kota Bogor.

Baca juga: Bunga Sepatu

5. Prasasti Muara Cianten

Prasasti Muara Cianten tarumanegara


Prasasti yang ditemukan di tepi sawah ini diperkirakan dibuat sejak tahun 536 Masehi atau tahun 458 Saka. Prasasti yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara ini memuat tentang masalah pemerintahan negara. Dimana pada masa itu, pemerintahan negara dikembalikan pada Raja Sunda.

Itulah beberapa peninggalan kerajaan Tarumanegara yang dapat Anda ketahui. Peninggalan itu adalah sebuah bukti dari apa yang telah terjadi pada masa kerajaan Tarumanegara. Bukti ini akan selalu menjadi sebuah sejarah yang akan terus dikenang.


Peninggalan Kerajaan Tarumanegara - Padang ekspres

Konten ini di produksi oleh jasa content writer dan di optimasi menggunakan jasa content placement

Belum ada Komentar untuk "5 Peninggalan Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel