>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

Sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia cukup berlimpah. Oleh karena itu, banyak dari negara lain yang mengimpor sumber daya alam dari Indonesia, seperti minyak, gas alam, rempah-rempah, serta sumber daya yang lain. Daerah penghasil minyak bumi di Indonesia tersebar di berbagai penjuru, sehingga minyak yang dihasilkan juga cukup banyak, yaitu bisa mencapai 1 juta barrel dalam sehari.

Inilah Daerah Penghasil Minyak Bumi terbesar di Indonesia

1. Kalimantan Timur

Walaupun tidak begitu banyak, minyak bumi di Indonesia juga dipasok dari Kalimantan Timur. Beberapa wilayah yang menjadi daerah tambang minyak diantaranya Kutai, Mamburungan, Sanga-sanga, dan Mahakam.

Pihak pengelola tambang minyak di Kalimantan Timur yakni Chevron, Total, Vico, dan Medco. Minyak yang dapat dihasilkan dalam satu hari sejumlah 134.626 barrel, dengan minyak mentah sebanyak 60.331 barrel dan 74.925 barrel merupakan kondensat.


2. Irian Jaya Barat

Irian Jaya Barat memiliki luas daerah sejumlah 410.660 km2, yang merupakan daerah yang paling luas di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika minyak bumi yang dihasilkan oleh daerah ini cukup melimpah.

Daerah ini dapat menghasilkan minyak sejumlah 14.812 barrel setiap harinya. Sejumlah 8.243 barrel merupakan minyak mentah dan 6.568 barrel merupakan kondensat. Perusahaan minyak yang mengeksplorasi sumber daya ini yaitu Petrochina, Petroleum, dan Pertamina. 


3. Jawa Timur

Jawa Timur juga merupakan daerah penghasil minyak bumi di Indonesia. Penghasil minyak bumi di Jawa Timur tersebar di berbagai wilayah, diantaranya Cepu, Gresik, Tuban, Bawean, Madura Barat, dan Brantas.

Hasil minyak di Jawa Timur setiap harinya bisa mencapai 52.616 barrel. Sebanyak 52.290 berupa minyak mentah, sedangkan 326 barrel merupakan kondensat. Pengelola tambang minyak bumi di daerah ini cukup banyak, diantaranya Petrochina, Hess, Pertamina, Total, Kangean Energy, dan Kodeco Energy.


4. Riau

Riau menjadi daerah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Dalam satu hari Riau bisa menghasilkan 365.827 barrel. Jumlah tersebut merupakan sepertiga bagian dari keseluruhan hasil minyak di Indonesia, dengan jumlah minyak mentah 359.777 barrel dan kondensat sejumlah 6.050 barrel.

Minyak mentah yang dihasilkan daerah ini bahkan memiliki keunggulan tersendiri, yaitu mempunyai viskositas sangat baik dan termasuk minyak mentah yang paling baik kualitasnya di Indonesia. Adapun perusahaan yang mengelola minyak di Riau yaitu Chevron, Pertamina, Petroselat, dan Siak Pusako.


5. Sumatera Selatan

Daerah yang menghasilkan minyak di Sumatera Selatan meliputi Ogam Komering, Rimau, Pendopo Raja, dan Lematang. Golden, Pertamina, Conoco Philips, Talisman, dan Medco merupakan pihak yang mengelola seluruh blok minyak di daerah ini.

Jumlah minyak yang dapat dihasilkan mencapai 30. 718 barrel berupa minyak mentah dan 10.339 berupa kondensat. Sehingga total keseluruhan minyak yang dihasilkan sejumlah 41.057 barrel dalam satu hari. 

Baca juga: Bunga Sepatu

6. Laut Jawa

Minyak di Laut Jawa menjadi sumber minyak yang tidak diakui oleh provinsi manapun di Indonesia. Oleh sebab itu, sumber minyak ini dikelompokkan dalam jenis sumur netral. Sumur tersebut ada di dekat Jawa Timur.

Sumur tersebut terbentang mulai dari sebelah tenggara Sumatera sampai wilayah Jawa Barat. Jumlah minyak yang dihasilkan dalam sehari mencapai 65.157 barrel. 62.130 barrel diantaranya merupakan minyak mentah, sedangkan 3.024 barrel merupakan kondensat.


Itulah beberapa daerah penghasil minyak bumi di Indonesia. Harapannya manusia dapat mengambil sumber daya tersebut dengan bijak, sebab jika diambil tanpa memperhatikan dampak yang bisa ditimbulkan, maka bisa menyebabkan kelangkaan.


Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia - Padang eskpres

Posting Komentar untuk "6 Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia"