>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ciri Ciri Ikan Kakap Putih, Komoditas Unggulan Indonesia


Ikan kakap putih merupakan salah satu ikan favorit bagi para pecinta seafood. Tidak heran jika ikan satu ini kerap kali diburu oleh para pemancing baik di perairan tawar maupun laut. Bahkan, ikan ini menjadi salah satu komoditi unggulan bagi perikanan di Indonesia. Namun, tidak semua orang mengetahui ciri ciri ikan kakap putih secara detail. Untuk mengenal lebih jauh terkait ikan ini, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap terkait ciri cirinya.

Ciri ciri Ikan Kakap Putih yang Bisa Diketahui

1. Warna ikan

Ciri ciri ikan kakap putih selanjutnya adalah di usia 1 sampai 3 bulan ikan kakap putih memiliki warna gelap. Namun, ketika menginjak usia 3 sampai 5 bulan warnanya mengalami perubahan menjadi lebih terang. Punggungnya berwarna coklat kebiru-biruan, namun selanjutnya akan berubah lebih keabu-abuan. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kakap Merah

2. Bentuk tubuh

Ciri Kakap putih memiliki tubuh yang memanjang dan ramping. Jika dilihat dari posisi melintang, ikan ini terlihat gepeng dan bagian kepalanya terlihat cekung. Sedangkan di batang sirip ekornya berbentuk lebar. 

3. Memiliki insang berduri

ciri ciri ikan kakap putih selanjutnya dilihat dari insang. Ikan kakap putih merupakan hewan air yang bernafas dengan insang. Keunikan dari insang ini terletak di bagian tutup insangnya yang mempunyai duri kecil. Tidak hanya itu, tutup insang ini juga memiliki gerigi yang terletak di bagian atasnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Teri

4. Sisik ikan

Ikan kakap putih bisa dikenali dengan melihat ciri sisiknya. Kakap putih memiliki sisik tipe sisir yang berwarna terang dan gelap. Warna sisik ikan ini bisa menyesuaikan dengan habitat yang ia tinggali. Bagian sirip ekornya yang berbentuk bulat terdapat sisik yang jumlahnya bisa mencapai 60 sisik. Sedangkan sisik transversal yang berada di atas rusuk berjumlah 6 buah dan di bawah rusuknya sekitar 6-13 buah. 

5. Bentuk Mulut

Ciri ciri ikan kakap putih di bagian mulut hampir sama dengan kakap pada umumnya. Memiliki mulut besar dan agak moncong. Mulut bagian rahang atas agak memanjang hingga bagian belakang mata. Ikan ini juga memiliki gerigi yang berduri tajam berada di sudut tepi bawah bagian mukanya. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tuna

6. Ukuran ikan kakap putih

Ukuran ikan satu ini bisa mencapai 1,2 meter dengan berat maksimal sekitar 60 kg. Namun, ada juga kakap putih yang memiliki panjang mencapai 1,8 meter. Meski sangat jarang sekali ditemukan kakap putih dengan ukuran sepanjang ini. Umumnya yang bisa dijumpai sekitar 0,6 hingga 1 meter.

7. Habitat

Habitat kakap putih umumnya di sekitar muara sungai, perairan pesisir, sungai ataupun laguna. Ikan ini bisa beradaptasi dengan daerah perairan yang keruh sekalipun dengan suhu air 26-30°C. Kakap putih adalah ikan demersal yaitu ikan yang senang berada di dasar laut atau sungai. Selain itu, kakap putih bukan termasuk yang suka berimigrasi sehingga lebih suka menetap di suatu daerah perairan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tongkol

8. Bentuk sirip

Ciri ciri ikan kakap putih berikutnya bisa dilihat dari siripnya punggung dan perutnya yang berduri tajam. Sedangkan sirip di bagian dada dan pinggulnya tidak memiliki duri. Bentuk sirip pada ekornya bulat dan pendek.

Sirip pada bagian punggungnya terdapat sekitar 7 hingga 9 buah. Dimana sirip tersebut memiliki jari-jari keras dan jari-jari lemah yang berjumlah 10 hingga 11 buah. Sedangkan sirip duburnya memiliki 3 jari-jari keras dan 7 hingga 8 jari-jari lemah.


Ciri ciri Ikan Kakap Putih - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "8 Ciri Ciri Ikan Kakap Putih, Komoditas Unggulan Indonesia"