>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Ikan Kakap Merah


Ikan kakap merah adalah salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di Indonesia. Selain karena ikan ini populer akan rasanya yang lezat, ikan kakap merah juga terkenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hal itu membuat harga jual dari ikan ini menjadi lumayan mahal. Ikan ini adalah spesies ikan kakap yang menghuni perairan Indonesia. Maka dari itu, berikut ini tentang ciri ciri ikan kakap merah.

Berikut Ciri Ciri Ikan Kakap Merah

1. Kepala

Sebenarnya tidak ada hal yang terlalu istimewa jika dilihat dari kepalanya. Hampir sama dengan kebanyakan ikan pada umumnya. Hanya saja bentuk kepala ikan ini cenderung lebih lancip. Mulutnya bisa dibilang lebar dan terletak pada ujung kepalanya, yang terdapat gigi-gigi taring di dalamnya. Tulang rahangnya akan terbenam kedalam jika mulutnya terbuka.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Teri

2. Tubuh

Pada bagian tubuhnya, ikan ini sebenarnya hampir sama dengan jenis ikan kakap lainya. Bentuknya tipis memanjang, punggungnya lebih tinggi, sirip ekor agak bercabang, Bagian pinggir operculum umumnya bergerigi dan sisiknya ctenoid. Pada bagian dераn setelah kepala tidak memiliki sisik. Lalu di bagian dераn dаrі tutup insang terdapat sisik bеbеrара baris.

3. Warna

ciri ciri ikan kakap merah yang membedakannya dengan ikan kakap jenis lain adalah warnanya. Dimana pada bagian аtаѕ tubuhnya, terdapat warna kemerahan/ merah kekuningan, lalu pada bagian bаwаh merah keputihan. Selain itu terdapat pula garis-garis kuning halus diselingi warna merah lagi pada bagian punggung dі аtаѕ garis rusuk.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tuna

4. Ukuran

Ikan kakap merah pada umumnya dараt mencapai panjang 25 hingga 100 cm. Sedangkan beratnya bisa mencapai 4 sampai 10 kg, dan bahkan pada beberapa kasus tertentu bisa mencapai lebih dari 20 kg. Dibuktikan pada rekor dunia yang pernah mencatat kakap merah dengan berat sekitar 25 kg atau 50 pon.

5. Habitat

Penyebaran ikan ini di Indonesia sangat luas, maka dari itu mereka hampir menghuni seluruh perairan pantai di penjuru nusantara. habitat asli ikan ini berada di perairan teluk dan juga pantai. Selain itu, jenis kakap yang satu ini dapat ditemukan di beberapa laut di dunia. Bahkan ada yang dijuluki ikan kakap merah utara karena dari belahan bumi sebelah utara. Biasanya mereka berada pada kedalaman 60 meter dari permukaan laut.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tongkol

6. Makanan

Jenis ikan kakap yang satu ini tergolong ikan bertipe demersal atau ikan yang mencari makan dan bertahan hidup di dasar laut. Mereka juga tergolong ikan yang buas, ikan ini memangsa berbagai ikan yang lebih kecil dan invertebrata dasar laut. Maka cukup mudah membuat mereka memakan umpan anda saat memancing mereka di lautan.

7. Telur

Ciri ciri ikan kakap merah berikutnya adalah ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Induk ikan kakap merah bisa menghasilkan telur mencapai sekitar 200 butir. Diameter pada telur ikan ini berkisar antara 0.03 hingga 1.02 mm. Telur ikan ini berbentuk seperti gumpalan. Telur-telur tersebut akan menetas beberapa waktu kemudian.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Buntal

8. Kebiasaan

Ikan kakap merah bukanlah ikan yang suka bergerombol dengan jumlah yang banyak. Mereka adalah ikan yang hidup secara soliter atau berkumpul dalam kelompok kecil. Dengan kelompok kecil tersebut mereka berburu dan mencari mangsa untuk dimakan.

9. Sifat

Ciri ciri ikan kakap merah selanjutnya adalah sifatnya yang sangat gigih dalam bertarung. Mereka adalah tipe ikan yang lebih mononjolkan kekuatanya, dibandingkan dengan kemampuanya berenang atau lari menghindari lawanya. Bahkan dalam keadaan terdesakpun mereka akan terus melawan.


Ciri Ciri Ikan Kakap Merah - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Ikan Kakap Merah"