>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Tuna


Ikan Tuna diketahui sebagai spesies laut yang banyak menghabiskan waktunya untuk berenang jauh dari permukaan atau biasa disebut pelagik. Ikan ini juga diketahui termasuk kedalam golongan perenang yang handal dan memiliki kecepatan untuk berakselerasi. Hewan laut yang satu ini juga terkenal akan warna dagingnya yang cenderung berwarna oranye muda dan banyak Anda temui pada restoran Jepang yang menyediakan menu seperti sushi. 

Ciri ciri ikan Tuna yang terdapat pada warna kulitnya tersebut tidak lain disebabkan oleh jaringan otot yang dimiliknya.


Berikut Inilah Ciri Ciri Dari Ikan Tuna

1. Kemampuan Berenang

Hewan laut satu ini seringkali dikenal oleh para penyelam sebagai ikan yang mampu bermanuver dengan gerakan yang cepat. Mereka dapat berenang pada wilayah air laut yang cukup dalam hingga mencapai kecepatan 70km/jam lebih. Ciri ciri ikan Tuna tersebut juga dibarengi dengan kebiasaan mereka untuk selalu berkelompok dalam berenang dan mencari mangsa yang juga dapat Anda temui disaat menyelam pada kedalaman tertentu.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tongkol

2. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuhnya dapat disebut memiliki kemiripan dengan sebuah Torpedo. Mereka memiliki tubuh yang agak pipih pada bagian sisinya serta didukung dengan bagian mulutnya yang agak meruncing. Ikan ini memiliki dua buah sirip yang bertempat pada bagian atas dan bawah tubuhnya yang ukurannya agak kecil. Pada bagian belakangnya terdapat sirip berbentuk agak bercabang yang berguna untuk membantu dalam mempercepat pergerakannya. ciri ciri ikan Tuna tersebut dapat Anda jadikan indikasi yang mudah dikenali karena bentuk tubuhnya yang terbilang khas. Pada bagian dagingnya ikan ini memiliki banyak kelebihan yang didukung oleh ukuran tubuhnya yang besar sehingga menjadi salah satu incaran utama para nelayan di lautan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Buntal

3. Habitatnya

Ciri ciri ikan Tuna yang selanjutnya adalah kemampuan ikan yang satu ini untuk hidup pada wilayah yang sangat dingin. Mereka memiliki kemampuan dalam menjaga suhunya agar supaya lebih tinggi dibandingkan suhu rendah yang berada di wilayah tempat mereka tinggal. Hal tersebut didukung oleh karena kemampuan metabolismenya dalam memindahkan suhu panas yang terdapat pada pembulu vena menuju pembulu arteri yang berfungsi untuk meningkatkan suhu dalam tubuhnya.

Ikan laut ini dapat juga Anda jumpai di wilayah laut yang dalam seperti pada wilayah Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Binatang laut ini lebih senang menghabiskan waktunya pada wilayah laut yang tergolong dalam hingga mencapai ukuran suhu yang terbilang rendah.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tiger Barb

4. Makanan

Ikan Tuna banyak memakan biota laut yang lebih kecil sebagai mangsanya. Hal ini membuat dirinya mendapat kategori sebagai karnivora didalam lautan. Biasanya mereka akan memangsa Udang, Teri, dan Cumi-cumi dengan cara bergerombol secara bersama-sama dalam jumlah yang lebih dari hitungan ratusan. Mangsa-mangsanya itu akan dengan mudah ditemuinya di dalam laut yang berisikan beraneka ragam biota laut yang lebih kecil darinya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Congo Tetra

5. Ukuran

ciri ciri ikan Tuna yang terakhir terdapat pada ukuran ikan yang satu ini pada umumnya ditemukan pada ukuran 80 cm hingga sampai 145 cm. Hal tersebut dapat menjadi perbedaan yang dapat dengan mudah Anda kenali dikarenakan ukurannya yang terbilang cukup besar dari keluarga Tuna lainnya yang sama-sama hidup di wilayah lautan lepas. Hal ini menjadikannya komoditas utama dalam berbagai bisnis kuliner dikarenakan ukurannya yang cukup besar yang membuatnya memiliki daging yang banyak untuk dijadikan olahan makanan. 

Artikel menarik lain: Syarat Melakukan Donor Darah



Ciri Ciri Ikan Tuna - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Tuna"