>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Ikan Teri


Mungkin hampir semua orang tahu dengan ikan yang satu ini. Bahkan kemungkinan besar, hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah mengkonsumsi ikan mungil yang ini. Selain rasa asin yang kuat, ikan teri juga dipercaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia. Karena tubuhnya yang mungil, mungkin tidak banyak orang yang memperhatikan dengan jelas bagaimana rupa ikan yang satu ini. Maka dari itu, berikut akan dibagikan ciri ciri ikan teri untuk anda semua.

Morfologi dan Ciri Ciri Ikan Teri

1. Kepala

Ukuran dari kepala dari ikan ini cenderung bulat memanjang dengan diameter antara 2 hingga 3 mm. Memiliki mata yang bulat besar berwarna gelap/ kehitaman yang selalu terbuka. Mulutnya cukup besar untuk ukuranya, gigi-giginya terletak pada rahang atas dan mempunyai lidah dan terdapat pula dengan insang di bagian belakang kepalanya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tuna

2. Tubuh

Ciri ciri ikan teri yang cukup menonjol adalah bentuk ukuran tubuhnya yang sangat kecil. Pada dasarnya bentuk tubuh ikan ini hampir sama dengan ikan-ikan pada umumnya. Bentuknya pipih memanjang, ujung ekornya berbentuk kerucut atau meruncing. Selain itu ikan ini juga memiliki beberapa sirip yang kecil di beberapa bagian tubuhnya.

3. Warna

Ikan ini memiliki warna yang transparan, sehingga kita dapat melihat tulang-tulangnya. Di bagian samping tubuhnya terdapat garis putih keperakan yang memanjang dari kepala hingga ekor. Selain itu umumnya warna ekor pada ikan ini berwarna lebih gelap.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tongkol

4. Ukuran

Seperti yang dijelaskan di awal, ikan ini adalah salah satu jenis ikan terkecil yang dikonsumsi manusia. Umumnya ikan ini memiliki panjang 145 mm, sedangkan yang terbesar bisa mencapai 5 cm. Sedangkan ekornya memiliki panjang sekitar 2 hingga 3 mm. Rata-rata ikan ini memiliki berat berkisar 2 hingga 3 gram.

5. Ekosistem

Umumnya ikan teri ditemukan di kawasan pinggir pantai samudera Atlantik, Hindia, Pasifik dan tersebar hampir di seluruh wilayah laut tropis yang hidup di perairan laut dangkal. Mereka lebih menyukai daerah yang berdasarkan lumpur seperti daerah teluk dan muara.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Buntal

6. Kebiasaan

Ciri ciri ikan teri berikutnya adalah kebiasaan mereka yang suka bergerombol. Ikan ini juga termasuk kedalam golongan ikan pelagis, yaitu ikan yang suka berenang di permukaan laut. Maka dari itu para nelayan biasa menangkap mereka dengan menebar jaring di permukaan laut atau tidak begitu dalam.

7. Populasi

Ikan ini salah satu ikan yang terus dipantau populasinya karena penangkapan yang terus menerus dan dalam jumlah besar. Dikarenakan mereka adalah satu bahan pokok beberapa jenis masakan untuk dikonsumsi manusia. Ikan teri sendiri berkembang biak di perairan beriklim sedang. Maka dari itu, anda akan jarang bahkan tidak pernah menemukan populasi mereka di perairan yang sangat dingin atau hangat.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tiger Barb

8. Rasa

Ikan teri walaupun ukuranya sangat kecil, namun rasa asinya sangat kuat. Ikan yang satu ini terasuk dalam ikan yang berminyak. Aromanya segar dan cenderung harum khas hewan laut. Sedangkan teksturnya kenyal dan berserat halus. Karena bentuknya yang kecil, maka tulang-tulang cenderung lembut dan tidak berbahaya bila ikut dikonsumsi.

9. Kandungan Gizi

Ciri ciri ikan teri yang sudah disinggung di awal adalah kandungan gizinya yang baik untuk tubuh manusia. Ikan ini memiliki kandungan zat besi, mineral, vitamin, dan protein yang sangat berguna dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan. Maka sangat disarankan untuk anak dalam fase pertubuhan dan aman untuk orang dewasa.


Ciri Ciri Ikan Teri - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Ikan Teri"