>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Layang Layang


Layang layang merupakan salah satu jenis ikan yang masuk ke dalam marga decapterus. Spesies dari ikan ini adalah ikan yang paling sering dikonsumsi dan sangat penting, yang biasanya kerap kali digunakan dan diolah menjadi ikan asin ataupun ikan pindang. Nama lain yang dimiliki oleh ikan layang layang tersebut merupakan round scad. Nah, dibawah ini adalah ciri ciri ikan layang layang yang perlu Anda ketahui.

Morfologi dan Ciri Ciri Ikan Layang Layang yang Unik dan Wajib Diketahui

1. Mampu Bergerak Dengan Cepat

Ciri ciri ikan layang layang yang pertama adalah bisa bergerak dengan cepat di air laut, hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki tubuh yang hampir mirip seperti cerutu. Bahkan ikan ini memiliki sisik yang sangat halus. Dengan ukurannya yang cukup kecil, tak heran jika mampu berenang dengan cepat untuk bisa menghindari para pemangsa.

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan cerutu, namun untuk bagian dada memang jauh lebih pendek dibandingkan panjang kepala. Ciri yang paling umum dan dan sangat mudah dikenali adalah pada bentuk tubuh yang memanjang serta sedikit gepeng.

Kemudian untuk bagian sirip dada memiliki bentuk falcate, dan pada bagian ujung siripnya akan mencapai dari sirip punggung yang kedua. Keadaan dari ikan ikan ini jika masih segar, tentu akan memiliki warna merah jambu pada Bagian insangnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Bandeng

2. Hidup dengan Berkelompok

Bisa dikatakan jika ikan layang-layang ini merupakan ikan berenang yang paling cepat meskipun hidup dengan cara berkelompok. Ciri ciri ikan layang layang mampu hidup dengan salinitas yang sangat tinggi, dan mampu hidup meskipun hanya mengkonsumsi plankton karena masuk kedalam golongan ikan stenohalin.

Namun, tidak semua plankton bisa dikonsumsi karena hanya jenis zooplankton saja yang bisa dikonsumsi oleh ikan tersebut. Sedangkan untuk makanan utama bagi ikan tersebut adalah crustacea, amphipoda dan juga udang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tenggiri

3. Bentuk Badannya

Bisa dikatakan jika bentuk badan dari ikan ini hampir mirip dengan ikan tongkol. Sedangkan untuk pertumbuhan badan dari ikan ini mampu mencapai 40 cm, namun umumnya akan tumbuh dengan panjang 25 cm. Selain itu, di belakang sirip punggung kedua, terdapat 1 ciri-ciri sebagai tambahan.

Terdapat ciri khas yang paling sering dijumpai ketika ingin mencari ikan tersebut, sebab terdapat sirup kecil yang bernama finlet. Sirip ini akan tumbuh pada bagian belakang punggung dan juga dubur, kemudian akan terdapat sisik beringin yang sangat tebal yang terletak pada bagian garis sisinya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Makarel

4. Warna Ikan

Ciri ciri ikan layang layang bisa dilihat dari warnanya. Tubuh dari ikan tersebut memiliki warna biru kehijauan pada bagian atas, sedangkan pada bagian bawahnya memiliki warna putih perak.

Kemudian untuk sirip-siripnya memiliki warna kuning pucat ataupun kuning yang kotor. Lalu terdapat totol-totol hitam yang muncul pada bagian penutup insang ataupun berada di pangkal sirip dada.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kembung

5. Habitatnya

Ciri ciri ikan layang layang yang berikutnya bisa dilihat dari habitatnya, karena untuk ikan seperti ini lebih suka hidup pada perairan yang dangkal. Namun, ada pula ikan jenis seperti ini yang hidup di kedalaman yang tidak terlalu dangkal.

Bisa dikatakan jika ikan ini menjadi spesies yang mampu hidup dengan air laut yang memiliki kadar garam tinggi. Biasanya mereka akan hidup pada sekitar 32-34 promil dan sangat suka dengan perairan yang sangat jernih.


Ciri Ciri Ikan Layang Layang - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Layang Layang"