>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri Ciri Ikan Kembung


Ikan kembung masih satu kerabat dengan beberapa spesies ikan lain seperti ikan tongkol, makarel, tenggiri, tuna, dan madidihang. Ikan bertubuh kecil ini biasanya diperjualbelikan oleh para nelayan lokal untuk bahan pangan sehari-hari. Bagi sebagian masyarakat ikan ini memiliki cita rasa yang enak. Untuk mengenal lebih jauh ikan ini, kami akan menyajikan ciri ciri ikan kembung di bawah ini.

Simak Ciri ciri Ikan Kembung Berikut Ini!

1. Bentuk tubuh

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang ramping, pipih, memanjang dan agak tinggi hampir menyerupai torpedo. Pada kelopak matanya terdapat selaput lemak. Ada perbedaan bentuk tubuh antara ikan kembung jantan dan betina. Ciri ciri ikan kembung jantan dilihat dari kepalanya, memiliki kepala yang lebih panjang jika dibandingkan dengan tebal tubuhnya. Sebagian rahangnya tersembunyi dan tertutup tulang lakrimal yang memanjang sampai pinggir rongga mata. Ikan ini juga memiliki kantung renang. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kakap Putih

2. Warna ikan kembung

Ciri ciri ikan kembung lainnya dapat dilihat dari warna tubuh. Pada sisi dorsal berwarna gelap, biru kehijauan hingga kecoklatan, serta memiliki 1-2 deret bintik gelap yang membujur di sekitar pangkal sirip punggungnya. Sedangkan sisiknya berwarna perak.

Pada bagian bawah ikan kembung memiliki warna putih kekuningan. Selain itu pada bagian punggung memiliki dua baris totol-totol hitam dan satu totol hitam yang berada di dekat sirip dada. Di atas garis rusuk terdapat warna gelap yang memanjang dan di bawah garis rusuknya berwarna keemasan. Sirip di bagian punggung berwarna abu-abu kekuningan, begitu juga dengan sirip di bagian ekor dan dada. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kakap Merah

3. Ukuran ikan

Ukuran ikan kembung dapat dibilang kecil. Panjangnya dapat mencapai 35 cm. Tapi rata-rata ikan ini hanya berukuran 20-25 cm. Para pembeli ikan ini biasanya lebih senang jika ukuran ikan lebih kecil, karena mereka akan mendapatkan banyak ikan saat membeli dalam 1 kg.

4. Sisik ikan

Ciri ciri ikan kembung selanjutnya dapat dilihat dari sisik ikan. Ikan kembung memiliki sisik-sisik yang berukuran kecil, halus dan seragam menutupi seluruh tubuhnya. Sirip punggung terdiri dari dua berkas yang juga memiliki 5 sirip tambahan berukuran kecil (finlet). Finlet di bagian belakang sirip anal memiliki jumlah yang sama dengan finlet yang ada di punggung. Duri pertama yang ada di sirip anal berukuran kecil dan tipis. Sisik ikan kembung pada garis rusuk sebanyak 120-150 buah. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Teri

5. Usus dan insang ikan kembung

Ikan kembung ini memiliki panjang usus yang hampir 3 kali panjang tubuhnya. Ikan ini juga memiliki tapisan insang yang panjang dan akan terlihat jelas ketika mulutnya terbuka dengan jumlah sekitar 30-46 buah.

6. Makanan ikan kembung

Ikan ini biasanya memakan plankton yang ada di perairan. Mereka akan menuju ke permukaan air pada saat malam hari dan akan turun ke dasar air pada saat siang hari. Hal ini dikarenakan oleh gerakan harian dari plankton serta perubahan suhu, kondisi hidrografis dan salinitas air laut.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tuna

7. Sirip Ikan

Ciri ciri ikan kembung berikutnya dapat dilihat dari sirip ikan. Sirip di bagian punggung memiliki jari-jari keras sebanyak 10 buah serta jari-jari lemah sebanyak 11-12 buah. Sedangkan sirip dubur yang dimiliki ikan kembung terdiri dari jari-jari lemah sejumlah 11-12 buah. Di bagian belakang sirip punggung dan dubur memiliki 5-6 buah finlet (sirip tambahan).


Ciri ciri Ikan Kembung - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "7 Ciri Ciri Ikan Kembung"