>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri Ciri Ikan Makarel


Ikan makarel atau dalam bahasa inggris mackerel merupakan jenis ikan laut yang termasuk keluarga Scombridae. Ia juga termasuk kelompok ikan kembung dan tenggiri. Hidupnya di lautan bebas, tetapi ada juga yang tidak jauh dari pantai dan perairan teluk. Ikan yang tersebar luas di lautan tropis dan ugahari ini mempunyai nilai komersial yang sedang. Biasanya ia diolah bersamaan dengan berbagai saus, seperti saus tomat dan saus cabe. Lebih tepatnya ia diolah sama seperti ikan sarden yaitu dibungkus dengan kemasan kaleng. Akan tetapi makarel memiliki perbedaan dengan sarden. Untuk itu mari kita kenali lebih dalam ciri ciri ikan makarel berikut ini:

Mengenal Lebih Dalam Morfologi dan Ciri Ciri Ikan Makarel

1. Ukuran

Ikan makarel memiliki ukuran yang cukup besar serta postur yang ramping. Salah satunya yang dikenal paling besar yaitu bulefin atau makarel sirip hiu. Sehingga ia tampak lebih besar daripada sarden, yakni dengan panjang sekitar 35 cm hingga 45 cm dan beratnya yaitu 500 gram.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kembung

2. Bentuk Tubuh

Selanjutnya ciri ciri ikan makarel adalah bentuk tubuhnya yang memanjang dan ramping. Tubuh tersebut memiliki garis-garis hitam memanjang pada bagian punggung sampai ekornya. Garis-garis tersebut tampak unik meskipun terlihat sama seperti milik ikan tenggiri.

3. Sirip

Berikutnya ikan yang merupakan kelompok tuna ini mempunyai sirip sebanyak 7 sampai 9 sirip yang berada di atas punggungnya hingga ekornya. Sama halnya dengan ikan sarden, saudara tenggiri ini memiliki sirip pendek yang berada di tengah punggungnya. Selain itu, ada 5 buah sirip kecil yang masing-masing berada di sirip anal dan di belakang sirip punggung. Pada pangkal sirip ekor terdapat dua tonjolan kecil di setiap sisi tubuh ikan tersebut.

Tidak hanya itu, di atas punggungnya juga terdapat 2 sirip yang tidak saling bertangkup. Diantara ke-2 sirip itu sampai pada ekornya terdapat 4 sampai 6 sirip yang lain.

Bukan itu saja, pada duburnya juga terdapat sirip yang kaku dan kuat atau bisa dibilang sebuah duri yang pendek. Sedangkan sirip dadanya (pektoral) ukurannya sangat pendek. Sirip-sirip pada ciri ciri ikan makarel juga dapat ditekuk dan dirampingkan loh. Hal itu dilakukan saat saudara ikan kembung ini berenang. Sehingga ia dikenal sebagai perenang yang handal.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kakap Putih

4. Warna

Warna dari ikan yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol tersebut yaitu gelap dan berminyak, serta terdapat pola garis hitam berkelok-kelok pada bagian atasnya.

5. Sisik

Ciri ciri ikan makarel yang ke-5 yaitu Sisik. Ikan yang hidup di perairan dalam ini sisiknya hampir tidak kelihatan karena sangat kecil. Selain itu kulitnya juga berminyak.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kakap Merah

6. Bentuk muka

Berikutnya adalah bentuk muka yang hampir sama dengan beberapa ikan laut lainnya yaitu mengerucut. Muka ikan klan scombridae tersebut memiliki Mulut meruncing. Selain itu pada bagian belakang dan depan matanya terlindungi oleh pelupuk lemak yang bening. Pada rahang atas dan bawahnya terdapat gigi-gigi kecil yang tampak tajam dan runcing serta mengerucut. Gigi tersebut juga berada di langit-langit mulutnya. Ia juga memiliki sisir sarang, jumlahnya 25 sampai 35 yang terletak pada bagian bawah lekung insang pertama.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Teri

7. Tekstur

Terakhir, ciri ciri ikan makarel yakni dari segi tekstur. Ikan makarel memiliki tekstur yang hampir sama dengan ikan sarden akan tetapi ia lebih padat, empuk, kenyal, dan lembut. Hal ini dikarenakan dagingnya sangat tebal.


Ciri Ciri Ikan Makarel - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "7 Ciri Ciri Ikan Makarel"