>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Bandeng


Ikan bandeng yang memiliki nama latin chanos chanos merupakan salah satu ikan pangan yang sangat populer di Asia Tenggara. Ikan ini menjadi satu-satunya spesies yang berada di dalam suku canidae. Ikan bandeng yang sangat disukai oleh banyak orang termasuk negara Indonesia. Agar tidak salah dalam mengenali, di bawah ini adalah ciri ciri ikan bandeng untuk Anda.

Morfologi dan Ciri Ciri Ikan Bandeng yang Harus Diketahui

1. Berbau Lumpur

Ikan jenis ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak diternak oleh masyarakat Indonesia dengan cara tambak. Namun ada pula yang hidup liar di sungai. Bau lumpur merupakan aroma yang khas dimiliki oleh ikan ini dan menjadi ciri ciri ikan bandeng paling umum. Terlebih lagi jika ikan tinggal di air dengan kandungan kaya geosmin dan selalu memakan plankton, maka akan memiliki cita rasa yang sangat khas.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tenggiri

2. Anatomi Kepala Ikan

Ikan bandeng juga memiliki ciri khas dari bentuk kepala yang memiliki bentuk memanjang dan juga pipih. Ikan seperti ini bentuk mulutnya sangat lonjong serta tidak memiliki gerigi. Bentuk mulut tersebut memang akan menyesuaikan sifat dari ikan bandeng yang merupakan herbivora, serta hanya akan memangsa ganggang biru serta lumut.

Dan apabila melihat bagaimana bentuk matanya, ikan jenis ini memiliki titik hitam yang ada di bagian tengah. Namun yang paling unik adalah, mata ikan seperti ini akan dilapisi oleh lemak yang memiliki nama adipose eyelid. Dimana lapisan lemak tersebut akan dimiliki oleh ikan yang sebagian hidup pada area perairan yang dalam.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Makarel

3. Siklus Kehidupan

Perlu Anda ketahui, jika ciri ciri ikan bandeng ialah mampu hidup dengan usia yang mencapai 15 tahun sedangkan untuk usia produktifnya akan dimulai pada usia 3 tahun. Ikan ini sendiri akan bertelur selama setahun lebih dari 1 kali di alam bebas, proses bertelur tersebut nantinya bisa mempengaruhi siklus dari bulan serta suhu dari permukaan air laut.

Proses pembuahan telur pada ikan bandeng betina mampu melepaskan sekitar 6 juta telur. Dalam kurun waktu beberapa jam saja telur mampu menetas ketika sudah dibuahi oleh sperma yang dimiliki oleh ikan bandeng jantan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kembung

4. Habitatnya

Ciri ciri ikan bandeng dapat dilihat dari segi lingkungan hidupnya, yang mana ikan ini akan hidup pada air payau ataupun air laut. Bahkan ikan jenis seperti ini mampu melakukan adaptasi dengan baik meskipun berada di lingkungan yang baru. Apalagi ikan ini rupanya bisa hidup meskipun berada di dalam air yang memiliki kadar garam tinggi serta memiliki suhu yang mencapai 40 derajat celcius.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Kakap Putih

5. Badan Dari Ikan

Badan dari ikan bandeng hampir mirip dengan torpedo yang lonjong serta ramping, namun bentuk tubuhnya juga sedikit pipih. Untuk sisik yang dimiliki oleh ikan tersebut sangat halus dan tubuhnya akan didominasi dengan warna perak yang terang beserta warna perak kehitaman.

Ikan ini memang sangat terkenal dengan ukuran usus yang sangat panjang. Karena memiliki ukuran 9 kali lipat jauh lebih panjang dibandingkan tubuhnya. Tentu hal inilah yang membedakan dari ikan-ikan lainnya.

Kemudian ciri ciri ikan bandeng ini juga mempunyai 6 sirip yang masing-masing terletak menyebar pada bagian bawah, tengah, depan dan juga belakang tubuhnya. Bagian ekornya memang memiliki bentuk seperti terbelah dan dan cukup panjang, ekornya ini juga sangat kuat tak heran jika ikan ini akan sangat lincah ketika berenang.


Ciri Ciri Ikan Bandeng - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Ikan Bandeng"