>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Ciri Bunga Sepatu

Ciri Ciri Bunga Sepatu

Tanaman sepatu merupakan tanaman yang terkenal dengan warnanya yang bervariasi dan bentuk uniknya. Tanaman ini masuk dalam familia Malvaceae, ordo Malvales dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. 

Bunga cantik ini merupakan tanaman hias yang memiliki struktur dan organ tumbuhan yang lengkap. Untuk lebih jelasnya simak ciri-ciri tanaman sepatu di bawah ini.

Daun bulat dan runcing

Tanaman sepatu umumnya memiliki daun yang berbentuk bulat dan memiliki bagian runcing pada ujungnya. Tepi-tepi daun bunga ini memiliki ringgit-ringgit halus yang akan terlihat jelas jika diperhatikan secara detail. Warna daun bunga sepatu umumnya berwarna hijau tua dan muda dengan panjang antara 10cm-16cm dan lebar sekitar 5cm-11cm.


Bentuk bunga dan warna

Ciri-ciri tanaman sepatu berikutnya yaitu memiliki mahkota bunga yang terdiri dari 5 buah saja. Bagian bunga sepatu terdiri dari mahkota bunga, kelopak bunga, kepala putik, tangkai bunga, benang sari, tangkai putik dan benang sari. Ada beragam warna bunga sepatu seperti merah, kuning, jingga dan juga pink.

Setiap bunga terdapat kelopak di bawahnya untuk melindungi bakal biji pada bagian dalam bunga. Pada bunga sepatu tangkai putik dan benang sari lebih menonjol. Bagian tersebut menjulur ke depan dengan kepala dan tangkai putih yang dipenuhi dengan serbuk sari. 


Batang yang berubah warna

Uniknya batang pada tanaman sepatu ini bisa berubah warna. Jika batangnya masih muda ia akan berwarna ungu dan akan berubah menjadi warna putih ketika sudah tua. Batang pada tanaman sepatu ini berbentuk bulat serta cukup keras degan diameter sekitar 9cm.


Bentuk biji dan bakal buah

Tanaman yang termasuk dalam kelompok flos complektus (bunga lengkap) ini memiliki biji pada bunga yang berwarna putih dan pipih. Serta memiliki buah yang berwarna putih ketika muda dan berubah menjadi coklat ketika tua. Bentuk buahnya kecil dengan diameter sekitar 4cm dengan bentuk lonjong. 

Baca juga:  Ciri Ciri Bunga Mawar

Itulah sedikit ulasan tentang klasifikasi dan ciri-ciri tanaman sepatu. Kenali dengan baik bunga sepatu dengan memperhatikan bentuk dan warna yang dimilikinya.


Ciri Ciri Bunga Sepatu - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "4 Ciri Ciri Bunga Sepatu"