>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri Ciri Ikan Sidat Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Sidat

Ikan berbentuk panjang dan ramping ini seringkali disamakan dengan Belut. Namun sebetulnya terdapat perbedaan yang sangat signifikan diantaranya. Ordo Anguilliformes atau biasa disebut dengan Sidat ini dapat hidup di air asin dan tawar membuatnya berbeda dengan Belut yang hanya hidup di air tawar. 

Ciri ciri ikan Sidat yang khas terdapat pada bentuk tubuhnya yang memanjang serta berbentuk seolah menyerupai seekor Belut. Namun ikan ini tergolong kedalam hewan karnivora yang memangsa ikan-ikan kecil untuk dijadikan makanan utamanya.

Berikut Rincian dari morfologi dan Ciri Ciri Ikan Sidat yang Perlu kKmu ketahui

1. Panjang Tubuh

Ikan Sidat memiliki panjang tubuh yang dapat dibilang cukup panjang diantara 50cm sampai 125 cm. Panjang tubuhnya tersebut dapat membuat Anda dengan mudah membedakannya dari Belut dikarenakan ikan yang satu ini tergolong memiliki ukuran yang lebih besar. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tawes

2. Bentuk Tubuh

Ciri ciri ikan Sidat selanjutnya ialah tubuhnya dilengkapi oleh tiga bagian sirip yang terletak di dubur, ekor, dan punggung. Sirip-sirip yang dimilikinya itu dapat mempermudahnya untuk berenang di dalam air yang berarus deras.

3. Habitat Hidupnya

Ikan yang satu ini memiliki kemampuan untuk hidup di air tawar dan air asin. ciri ciri ikan Sidat pada awal masa kehidupanya akan lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar hingga disaat dewasa mereka akan berpindah menuju laut sebagai upaya untuk melakukan kembang biak bertujuan untuk menyebarkan telurnya disana. Ikan ini seringkali dijumpai pada muara sungai yang menjadi daerah favoritnya untuk mencari makan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Toman

4. Hewan Karnivora

Hewan yang satu ini dapat juga dikategorikan sebagai predator bagi ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dari ukurannya. Diantaranya terdapat beberapa biota laut yang menjadi makanan favoritnya seperti Kepiting, Udang, dan Cacing. Mereka akan memangsa makanannya dibawah air dengan gerakan yang cepat karena didukung oleh siripnya yang bermanfaat untuk mempermudah pergerakannya. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nila

5. Nokturnal

Ikan Sidat banyak melakukan aktifitasnya dalam mencari makan dan berenang pada malam hari dan menghabiskan siangnya untuk beristirahat. Hal tersebut dapat membuat Anda yang berniat untuk mencari ikan yang satu ini akan mengalami kesulitan untuk menemukannya pada saat hari masih terang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ikan Sidat lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar ketimbang di lautan untuk mencari makanan atau biasa disebut sebagai Katadromous. Hal ini disebabkan ikan Sidat hanya akan pergi menuju air laut dalam rangka untuk menyebarkan benihnya disana hingga menjadi larva lalu setelah itu mereka akan kembali lagi menuju air tawar dan tinggal di sekitaran muara sungai. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Mujair

6. Kanibal

Pada saat terdesak dan kelaparan ikan yang satu ini dapat mengeluarkan naluri alaminya untuk menjadi kanibal. Pada momen tertentu Sidat yang lebih besar ukurannya dapat memakan Sidat lain yang berukuran lebih kecil dengan mencabiknya. ciri ciri ikan Sidat yang satu ini terdengar mengerikan bukan.

7. Ukuran Tubuhnya

Ciri ciri ikan Sidat yang terakhir adalah ukuran tubuhnya yang terbilang besar saat dewasa. Pada ikan Sidat dewasa beratnya dapat mencapai 22 kilogram serta tubuhnya yang dilapisi oleh lendir yang membuat tekstur kulitnya menjadi licin bertujuan sebagai proteksi diri yang dimilikinya untuk melindungi dari ancaman predator lainnya. Bentuk tubuhnya sangatlah lentur yang dapat membantunya dalam berenang melawan arus saat berpindah dari laut menuju sungai ataupun sebaliknya.


Ciri Ciri Ikan Sidat - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "7 Ciri Ciri Ikan Sidat Jantan dan Betina"