>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri Ciri Ikan Sepat Jantan dan Betina

ciri ciri Ikan Sepat

Bagi para pemancing, ikan air tawar yang satu ini pasti sudah sangat familiar bukan? Ya, ikan ini bernama Sepat. Ikan ini banyak ditemui oleh para pemancing di daerah dengan aliran yang tenang seperti, danau, rawa, dan persawahan yang didukung dengan postur tubuhnya yang terbilang mungil. Ikan air tawar ini juga masuk kedalam keluarga Gurami (Osphronemidae) meskipun ukuran tubuhnya lebih mungil dari ikan gurami pada umumnya. 

Di wilayah nusantara ikan sepat sering dijadikan sebagai bahan lauk sehari-hari dengan cara menggorengnya. Berikut ciri ciri ikan Sepat supaya Anda semakin mengenalinya.

Berikut ciri ciri Ikan Sepat secara umum

1. Warna

Ciri ciri ikan Sepat yang pertama dapat Anda lihat dari warna yang terdapat pada bagian tubuhnya. Ikan ini memiliki warna hijau tua pada bagian punggungnya serta memiliki gradasi warna yang lebih cerah di bagian sisiknya. Anda juga dapat menemukan garis lurus yang terdapat dari mata hingga bagian siripnya sehingga ikan ini lebih mudah dikenali.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Sidat

2. Sirip Memanjang

Ikan air tawar ini juga memiliki bentuk sirip pada bagian perut yang memanjang dan terlihat unik. Sirip yang memanjang ini berfungsi sebagai alat bantu peraba yang dapat membantu pergerakan ikan Sepat disaat berenang melalui rintangan yang ada di dalam rawa ataupun danau.

3. Makanan

Ikan sepat hidup dengan mencari makanan seperti krustasea, larva dari serangga dan plankton. Mereka banyak mencari makananya didalam air tawar yang banyak juga dihuni oleh hewan-hewan kecil didalamnya sehingga membuat ikan ini dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Tawes

4. Bergerombol

Jikalau Anda pernah memancing ikan ini di danau ataupun rawa maka akan sering anda saksikan banyak munculnya titik air yang menandakan keberadaan ikan tersebut. ciri ciri ikan Sepat yang sering Anda jumpai kali ini dapat menjadi pertanda lokasi dimana ikan itu berada yang dimana mengindikasikan bahwa kelompoknya ada di sekitar mereka.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Toman

5. Berkembang Biak

Disaat ikan jenis ini berkembang biak para pejantannya akan membuat sebuah penampungan dari telur yang dikeluarkan oleh si betina. Sarang dari telur ini akan berbentuk sebuah gumpalan busa yang biasanya menempel pada bagian-bagian tumbuhan dalam air seperti teratai, eceng gondok dan lainnya.

Ciri ciri ikan Sepat yang berkembang biak ini termasuk unik karena telur-telur tersebut akan dilindungi oleh si pejantan secara agresif supaya calon anak mereka aman dari ancaman serta dapat menetas dengan normal tanpa gangguan yang berarti.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Nila

6. Ukurannya

Ikan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang termasuk mungil dibandingkan dengan ikan Gurami yang masih satu famili dengannya. Tubuh kecilnya sendiri dapat membuat ikan Sepat dengan lebih mudah untuk berenang diantara rimbunnya tumbuhan air pada suatu rawa ataupun danau.

Bagi Anda para pemancing pasti akan lebih mudah memahami ciri ciri ikan Sepat lebih mudah dikarenakan ukurannya yang kecil menjadikan ikan ini mudah untuk didapatkan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Mujair

7. Penyebarannya

Dapat dikatakan ikan ini menyebar banyak di wilayah air tawar yang ada di Asia sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya. Ikan ini dapat menyebar melalui aliran banjir yang meluap dari rawa ataupun danau hingga akhirnya menetap di wilayah baru dan berkembang biak disana. Hal tersebut juga dapat memudahkan Anda untuk mencari spot untuk memancing pada daerah dengan arus yang tenang karena dapat dipastikan akan terdapat banyak ikan Sepat didalamnya.


Ciri Ciri ikan sepat - Padang ekspres

Posting Komentar untuk "7 Ciri Ciri Ikan Sepat Jantan dan Betina"