Peran Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Peran Supervisi Pendidikan

Pendidikan merupakan aspek penting bagi bidang kehidupan manusia. Sehingga dalam kaitannya terdapat banyak hal menyangkut pendidikan yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupan tersebut. Adapun dalam pendidikan sendiri sering ditemui peran-peran penting yang menyangkut di dalamnya. Salah satu diantaranya yaitu peran supervisi pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu atau kualitas suatu pendidikan itu sendiri.

Kedudukan ini memiliki sumbangsih yang sangat besar terhadap suatu kemajuan pendidikan. Sehingga peran yang dimiliki cukup beragam. Adapun peran-peran yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Peran menjadi seorang supervisi pendidikan

  • Sebagai seorang koordinator atau administrator

Beberapa peran koordinator adalah mengkoordinasi atas semua aktivitas di lingkungan pendidikan, Adapun beberapa diantaranya yaitu koordinasi program belajar mengajar, tugas masing-masing staff, dan kegiatan utama diantara guru. Dalam hal ini koordinator mengikutsertakan semua anggota terkait untuk menyusun rencana kerjasama di bidang pendidikan.

Terlepas dari itu seorang supervisor menjadi tumpuan yang dapat memberikan bantuan kepada masing-masing anggota ketika ditemui suatu persoalan yang harus dipecahkan. Tentu dengan cara mencari jalan keluar yang bisa diterima oleh seluruh pihak terkait.


  • Sebagai seorang konsultan

Sebagai kelanjutannya sebagai koordinator, di sini supervisor memberikan bantuan seperti halnya konsultasi masalah yang dialami oleh jajaran pengajar atau guru. Kedudukan peran ini dapat bersifat individu atau kelompok tergantung konteks masalah atau persoalan yang sedang dihadapi.

Sebagai konsultan, supervisor berwenang untuk memberikan pengarahan kepada anggota dalam menyikapi suatu permasalahan terutama berkaitan dengan bidang belajar mengajar. Karena tidak jalan guru yang mengalami kesulitan dalam mengajar pada siswanya.


  • Sebagai seorang leader

Banyak peran yang dimiliki oleh seorang supervisor ketika menjadi pimpinan di suatu kelompok tertentu. Dengan keberadaan anggotanya supervisor memimpin atas segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan pendidikan seperti halnya penyusunan dan pengembangan kurikulum.

Untuk memaksimalkan peran tersebut, seorang supervisor harus mampu membangun komunikasi yang baik bersama anggota serta menciptakan keharmonisan bersama. dengan begitu suatu urusan bersama dalam ranah pendidikan mampu dijalankan secara gotong royong dan masing-masing memiliki rasa tanggung jawab.


  • Sebagai seorang evaluator

Seperti namanya, peran serta seorang supervisor adalah mengevaluasi segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar serta kurikulum yang dikembangkan. Evaluasi ini diperuntukkan untuk meningkatkan fungsi lembaga pendidikan dalam memberikan fasilitas kegiatan belajar mengajar.

Dalam melakukan evaluasi supervisor harus melibatkan seluruh warga di lingkungan pendidikan untuk memperoleh data-data yang akurat mengenai kondisi tertentu. Selain itu dengan melibatkan seluruh pihak maka dapat menghasilkan suatu keputusan bersama guna memperoleh umpan balik yang relevan untuk peningkatan kualitas pendidikan.

  • Sebagai seorang inspektur

Adapun peran kelanjutan dari seorang evaluator di atas yaitu supervisor juga membidangi peran inspektur. Tugas utamanya adalah meninjau dan memeriksa segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan. diharapkan melalui peran ini supervisor bisa memperoleh data-data yang dibutuhkan untuk dilakukan tindak lanjut.

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu kegunaan data yang diperoleh adalah sebagai bahan evaluasi untuk kemudian dapat diambil suatu keputusan yang membangun.

  • Sebagai seorang peneliti

Peran serta seorang supervisor menjadi inspektur tidak lepas dari suatu penelitian. Penelitian ini erat kaitannya dengan objektivitas dan relevansi data terhadap suatu permasalahan yang ditemui. Sehingga baik dalam pemeriksaan maupun upaya pengambilan suatu keputusan dapat dilakukan secara tepat berdasarkan kondisi yang ada.

Peran menjadi seorang supervisor relatif kompleks, terutama dalam pendidikan yang identik dengan aktivitas belajar mengajar atau penyaluran ilmu pengetahuan dari guru atau kepala sekolah kepada peserta didik. Sehingga kedudukan seorang supervisi tentu sangat penting dalam keberlangsungan bidang pendidikan.


Peran Supervisi Pendidikan - Padang ekspres

Belum ada Komentar untuk "Peran Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel