close

17 Ciri Ciri Bioma Tundra

Ciri Ciri Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan salah satu di antara 7 bioma yang terdapat di bumi. Bioma satu ini dikenal sebagai kawasan yang memiliki temperatur sangat dingin. Sehingga membuat karakteristik ekosistem di bioma tundra terdapat perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan bioma lainnya.

Adapun ekosistem yang terdapat di bioma tundra memiliki beberapa ciri sebagai berikut.

Ciri-ciri bioma tundra berdasarkan letak geografis

  • Hampir keseluruhan bioma tundra diselimuti oleh salju atau gurun es. Hal ini disebabkan karena letak geografis yang berada dalam temperatur dingin, tepatnya lingkaran Arktik. Sehingga bioma tundra memiliki suhu yang sangat rendah.
  • Lama musim dingin terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama serta gelap. Sama halnya ketika memasuki musim panas yang membuat bioma tundra lebih terang dalam jangka waktu yang cukup lama pula. Hal ini sebagai dampak dari peristiwa gerak semu matahari yang hanya mampu mencapai posisi 23,5 derajat di garis Lintang Utara dan Lintang Selatan.
  • Dasar kawasan bioma tundra membeku secara permanen. Kondisi semacam ini disebut sebagai permafrost.
  • Persentase luas wilayah bioma tundra mencapai 20% dari seluruh permukaan tanah di bumi. Sekaligus membuat bioma tundra menutupi luas yang sangat besar di wilayah Arktik.
  • Kawasan bioma tundra di wilayah Artik sesekali mengalami waktu malam hari selama 24 jam ketika matahari berada tepat di bawah garis khatulistiwa.

Ciri-ciri bioma tundra berdasarkan keberlangsungan hidup

  1. Bioma tundra memiliki komunitas tumbuhan yang dikenal dengan nama tundra alpine dengan karakteristik yang relatif sama. Komunitas ini muncul akibat arus pergerakan angin yang sangat cepat sehingga membuat suhu terasa dingin.
  2. Keanekaragaman biotik di bioma tundra sangat terbatas. Makhluk hidup tersebut memiliki struktur vegetasi yang sederhana serta tingkat ketahanan tanaman hanya mencapai maksimal 4 bulan atau 120 hari.
  3. Musim tanam terjadi ketika rata-rata suhu di bioma tundra berada di kisaran 3 – 12° C. Musim tanam ini hanya memiliki waktu 50 sampai 60 hari untuk mendukung proses vegetasi pada bioma tundra dapat bertahan hidup.
  4. Hampir keseluruhan energi dan nutrisi yang terdapat di bioma tundra berbentuk bahan organik yang telah mati.
  5. Untuk menciptakan nitrogen perlu dilakukan fiksasi biologis dan fosfor dari curah hujan.
  6. Semua jenis tanaman di bioma tundra dapat melakukan fotosintesis secara produktif meskipun tidak memperoleh intensitas cahaya yang cukup.

 

Ciri-ciri bioma tundra berdasarkan karakteristik iklim

  • Bioma tundra hanya memiliki 2 musim, itu musim dingin dan musim panas.
  • Perbedaan jangka waktu siang hari dan malam hari cukup lama. Ketika musim dingin, waktu siang hari terjadi lebih singkat dari waktu malam hari yang jauh lebih lama.
  • Musim dingin terjadi dalam kurun waktu yang lama, yaitu mulai dari bulan November hingga bulan Maret.
  • Jenis hujan yang terjadi ketika memasuki musim dingin adalah berupa salju.
  • Adapun jangka waktu musim panas terjadi lebih singkat dari musim dingin, itu berada di Sorong bulan Mei sampai bulan Juli.
  • Bioma tundra menjadi kawasan yang memperoleh curah hujan cukup rendah. Rata-rata curah hujan setiap tahunnya tidak mampu mencapai lebih dari 250 mm. Adapun wilayah ini memiliki tingkat curah hujan 15 – 25 cm di setiap tahunnya.

Demikian ciri-ciri bioma tundra apabila ditinjau berdasarkan letak geografis, keberlangsungan hidup, dan karakteristik iklim. Semua ciri-ciri di atas bisa saja memiliki perbedaan antara bioma tundra di wilayah satu dengan wilayah lain sesuai dengan kondisinya masing-masing.

Artikel terkait:

  1. Manfaat Pohon Palem
  2. Klasifikasi Tanaman Lidah Mertua
  3. Ciri Ciri Pohon Mangga
  4. Persebaran Pohon Pinus Merkusii

Tinggalkan komentar