Date Rabu, 23 July 2014 | 00:39 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Riwayat Caleg Bakal di Publikasikan

Kamis, 04-07-2013 | 12:51 WIB | 240 klik

Padang, Padek—Langkah KPU RI mempublikasikan daftar calon sementara (DCS) lengkap dengan riwayat hidup bakal calon legislatif diikuti KPU Sumbar. Malah saat ini KPU Sumbar sedang melakukan rekap terhadap Model BB-11 form biodata bacaleg yang maju ke DPRD Sumbar.

“Meski proses merekap sedang berlangsung, nyatanya tidak sesederhana yang dipikirkan sebelumnya. Pasalnya data yang direkap itu jumlahnya cukup banyak mencapai 7dan diperiska satu-satu secara manual,” ungkap Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Agus Catur Rianto kepada Padang Ekspres kemarin.

Dari proses rekap CV para bacaleg, sebut Catur, KPU Sumbar belum bisa memastikan jumlah calon yang tidak bersedia mempublikasikan riwayat hidupnya itu untuk diumumkan. Sehingga menjadi pertimbangan tersendiri oleh masyarakat terhadap calon yang akan mereka pilih.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Sumbar, Yulteknil yang juga tercatat sebagai Caleg Demokrat untuk DPR RI, menyetujui langkah KPU yang mempublikasikan riwayat caleg ke public melalui media internet atau media lainnya.

“Terobosan yang dilakukan KPU itu sebagai upaya pencerdasan pemilih dalam mengetahui siapa sebenarnya wakil mereka di parlemen yang akan dipilih nanti. Soalnya saat ini masyarakat atau pemilih kita (Sumbar,red) sudah cukup cerdas dalam menentukan pilihan,” sebutnya.

Meski begitu,dirinya meminta KPU untuk tetap objektif dalam melakukan tugasnya, serta taat aturan yang ada.

“Jangan menjadikan peluang ini (publikasi riwayat caleg,red) sebagai kesempatan untuk melakukan nego atau hal lainnya. Bila itu terjadi, maka harapan menjadikan Pemilu 2014 yang berkualitas dan berintegritas jauh dari harapan,” kata Ketua Majelis Tinggi DPD Partai Demokrat Sumbar itu.

Sebelumnya, ketua KPU RI, Husni Kamil Manik menyatakan KPU RI terus meningkatkan layanan informasi penyelenggaraan tahapan Pemilu 2014 kepada masyarakat. Di antara tahapan Pemilu yang digeber KPU RI hingga jajarannya di daerah, yakni informasi riwayat hidup para calon legislatif (Caleg).

“Terobosan yang dilakukan KPU dengan mempublikasikan riwayat hidup caleg, bertujuan menambah referensi bagi pemilih dalam menentukan pilihan. Dan itu penting diketahui oleh pemilih,” sebut Husni.

Adapun aturan yang diberlakukan KPU itu, sebagai bagian dari upaya peningkatkan partisipasi pemilih dalam menentukan pilihannya terhadap wakilnya yang akan dipilih pada Pemilu 2014 mendatang. (zil)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA