Date Jumat, 1 August 2014 | 00:34 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pendidikan

SMAN 2 Antarkan 7 Siswa Tembus Fakultas Kedokteran

Hampir 50 Persen Siswa Diterima PTN Jalur Undangan

Sabtu, 01-06-2013 | 13:38 WIB | 1984 klik
Hampir 50 Persen Siswa Diterima PTN Jalur Undangan

Siswa SMAN 2 Payakumbuh yang lulus Fakultas Kedokteran Unand dan Unpad

SMAN 2 Payakumbuh yang lebih dikenal dengan nama ”Kampus Flamboyan” mampu mengantarkan anak didiknya menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia. Sedikitnya 120 dari 320 orang siswa yang tamat tahun 2013 berhasil diterima di 18 PTN melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Tahun 2012 lalu, Kampus Flamboyan ini baru berhasil mengantarkan 4 siswa untuk menjadi calon dokter. Kini sekolah ini berhasil mengantarkan 7 orang alumninya menembus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dan Universitas Andalas (Unand) Padang. Siswa yang berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Unand adalah Anisa Suhaimi, Putri Rahmawati, Rumaisah, Vitrya Rosady, Windi Asfarika, dan Fitri Lidya. Sedangkan di Kedokteran Unpad adalah Nabillah Ar Rahmi.

Kepala SMAN 2 Payakumbuh Yunaidi mengatakan, mereka merupakan siswa dari kelas unggulan dengan kemampuan penguasaan materi pelajaran sangat baik di SMAN 2 Payakumbuh. Kemampuan alumninya menembus fakultas dan universitas terkemuka di Indonesia, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan membuat bangga sekolah.

Saat ini, kesempatan berebut kursi di perguruan tinggi favorit masih terbuka lebar, sehingga masih banyak kesempatan para siswa bisa mencoba jalur peneriaman yang masih ada. Dengan siswa yang hampir 50 persen sudah dipastikan diterima melalui jalur undangan di PTN, kesempatan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri, masih menyisakan banyak kesempatan bagi siswa.

”Kita berharap seluruh anak didik yang tamat tahun ini, akan bisa merebut posisi sebagai mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi melalui dua jalur peneriman yang masih tersedia itu,” harap Yunaidi didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Irma Takarina kepada Padang Ekspres, usai mengundang tujuh siswanya yang lulus di Fakultas Kedokteran Unand dan Unpad, awal pekan ini.

Saat ini, sebanyak 120 orang siswa SMAN 2 Payakumbuh yang telah diterima di PTN, 7 orang siswa diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB), 1 orang di Universitas Indonesia (UI), 64 orang di Unand, 3 orang di Universitas Gajah Mada (UGM), 3 orang di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, dan 1 orang di Universitas Diponegoro (Undip).

Selanjutnya, 7 orang diterima di Unpad, 1 orang di Universitas Negeri Medan (Unimed), 4 orang di Universitas Negeri Padang (UNP), 6 orang di UPI, 2 orang di Universitas Negeri Riau, 1 orang di Universitas Sebelas Maret, 1 orang di Universitas Sriwijaya, 2 orang di Universitas Syiah Kuala dan 9 orang di Politeknik Caltex.

Upaya meningkatkan mutu lulusan atau siswa untuk mencapai prestasi, ternyata bukan pekerjaan mudah. SMAN 2 menerapkan pola belajar dengan menitikberatkan pada tenaga pendidik untuk menjadi partner bagi siswa dalam mengatasi setiap permasalahan belajar siswanya. Maka, di luar jam sekolah pun peserta didik bisa terus mendapatkan materi pembelajaranya.

“Kemampuan sekolah untuk meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan bukan lantaran kita memilih siswa-siswa unggul saja, tapi lebih pada pola pendidikan yang membuat siswa dan guru tanpa jarak. Artinya, kapanpun siswa bisa mendatangi guru untuk memecahkan persoalan belajar mereka,” ungkap Yunaidi.

Sekolah yang sebelumnya merupakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) tersebut, juga berkomitmen bisa mengasuh siswanya mendapatkan materi pendidikan terbaik. (***)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA