Date Rabu, 30 July 2014 | 07:53 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Cama masih Tunggu Hasil UN dan SNMPTN

SBMPTN Sepi Peminat

Rabu, 15-05-2013 | 10:44 WIB | 1350 klik
SBMPTN Sepi Peminat

Peserta mengisi formulir pembayaran biaya SBMPTN

Sudirman, Padek—Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 yang telah dibuka sejak 13 Mei lalu hingga 7 Juni mendatang, masih sepi peminat. Ini diduga karena calon mahasiswa (cama) masih menunggu pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 28 Mei mendatang.

Pantauan Padang Ekspres kemarin (14/5), hanya tampak belasan calon mahasiswa yang melakukan pembayaran pendaftaran SBMPTN di Bank Mandiri Jalan Sudirman selama dua jam.

“Saya mendaftar di awal karena tinggal ini kesempatan saya lagi. Kalau tamatan 2013, masih ada SNMPTN,” kata Liza, alumni SMA Adabiah lulusan tahun 2012, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Dia berharap bisa lulus di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini. “Jika tidak, pupuslah keinginan kuliah di PTN,” ujarnya.

Dia menduga masih sepinya pendaftaran karena masih menunggu hasil SNMPTN pada 28 Mei. Jika telah dipastikan tak lulus SNMPTN, maka akan beralih ke jalur SBMPTN.

Rahmi, siswi SMKN 3 Padang mengaku masih menunggu dulu hasil UN dan SNMPTN.

Sebelum UN, dia mendaftar jalur SNMPTN melalui sekolah. “Informasinya pengumuman UN dilakukan pada 24 Mei, setelah itu baru pengumuman SNMPTN, 28 Mei. Jika memang tidak lulus SNMPTN maka baru mendaftar jalur SBMPTN,” ujarnya.

Panitia SBMPTN UNP dan Unand, Agus Irianto mengakui calon mahasiswa akan menunggu hasil SNMPTN terlebih dahulu. Kecuali tamatan tahun 2012 dan 2011, maka akan memilih SBMPTN dan jalur mandiri. “Ini telah diprediksi sejak awal. Apalagi, rentang waktu pendaftaran pun cukup panjang, paling lambat 7 Juni mendatang,” ujar Agus Irianto.

Agus mengatakan, biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian sains dan teknologi (Saintek) atau sosial humaniora (soshum) Rp 175.000. Sedangkan kelompok ujian campuran Rp 200.000. Selain itu, biaya seleksi untuk ujian keterampilan Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan. Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri.

“Jika suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, maka biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama,” ucap Pembantu Rektor I UNP ini.

Untuk jalur SBMPTN dilakukan dengan ujian tulisan. Bedanya, pada jalur ini siswa tamatan tahun 2011 dan 2012 masih bisa mengikuti ujian masuk PTN. Sedangkan jalur mandiri PTN, siswa hanya bisa memilih PTN yang ada di daerah mereka.

“Siswa yang kurang mampu di bidang akademik tidak perlu khawatir. Jalur SBMPTN dan Mandiri PTN memberikan kesempatan bagi siswa secara umum. Maksudnya kesempatan nilai siswa yang rendah tetap bisa diterima,” ujarnya. (ek)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA