Date Kamis, 31 July 2014 | 04:15 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Sosial

Pemkab Sediakan Dana Rp 850 Juta

Masyarakat Swadaya Perbaiki Jalan Rusak

Kamis, 25-04-2013 | 12:17 WIB | 180 klik

Agam, Padek—Luasnya daerah Kabupaten Agam dan minimnya perhatian Pemkab setempat terhadap kerusakan jalan, membuat warga Jorong Kubu Pisang, Kenagarian Batutaba, Kecamatan Ampekangkek, memperbaiki sendiri jalan yang rusak dengan menumbok jalan yang rusak dengan semen dan kerikil. Alhasil, dari 900 meter jalan yang rusak tersebut sudah selesai diperbaiki separohnya dengan cara swadaya.

Pengamatan Padang Ekspres di lapangan, setidaknya, puluhan masyarakat setempat setiap hari Minggu melakukan gotong royong (goro), sehingga perbaikan jalan yang rusak berlangsung dengan cepat. Namun, akibat keterbatasan dan, menyebabkan panitia pengumpul dana “kewalahan” sehingga untuk sementara ini perbaikan jalan dihentikan.

”Betul. Karena keterbatasan dana, untuk sementara perbaikan jalan dihentikan. Mudah-mudahan dengan terkumpulnya dana dari masyarakat dan perantauan dalam waktu dekat ini, pekerjaan bisa dimulai kembali hingga selesai,” ujar salah seorang penitia pengumpul dana, Can, kepada Padang Ekspres kemarin.

Dia mengatakan, dengan rusaknya jalan di daerahnya, telah menyebabkan roda perekonomian masarakat terganggu, yang kebanyakan bertani dan mengolah konveksi. “Ya, mudah-mudahan dengan cepatnya penyelesaian jalan yang rusak, roda perekonomian masyarakat pun menjadi lancar,” harapnya.

Berbeda dengan daerah jorong Kubu Pisang. Jalan rusak lainnya di Kecamatan Banuhampu, Ampekangkek dan Canduang, yang sudah berlangsung cukup lama, masih dibiarkan berlubang-lubang sehingga sangat menganggu kelancaran ekonomi masyarakat setempat. Herannya, Pemkab Agam di bawah kepimimpinan Indra Catri, terkesan cuek, kendati masyarakat setempat sudah beberapa kali meminta perbaikan jalan.

”Sejak jalan kami diaspal di jaman orde baru (orba), tidak pernah diperbaiki. Padahal, dengan kondisi jalan yang berlubang-lubang ini, sudah berapa kali kami menyurati Pemkab Agam untuk diperbaiki. Tapi hasilnya hingga saat ini masih nihil,” jelas Malin, warga Kubangputiah.

Kepala Dinas PU Kabupaten Agam, Yunaldi, mengatakan, segera memperbaiki jalan rusak, karena telah tersedia anggaran sebesar Rp 850 juta. Dia mengatakan, jalan kabupaten Agam yang rusak saat ini sepanjang 1.560 km, sehingga untuk memperbaikinya perlu dana yang cukup besar. “Karena itu, perbaikan jalan rusak dalam waktu dekat hanya akan diprioritaskan kepada jalan yang rusak parah,” jelasnya. (edi)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA