Date Selasa, 29 July 2014 | 03:29 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Caleg GRIB Sumbar untuk DPR Ditolak

Jumat, 19-04-2013 | 13:59 WIB | 527 klik

Padang, Padek—Meski Partai Gerindara dan Ormas Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) sama Prabowo Subianto Ketua Dewan Pembinanya, namun untuk calon legislatif (caleg), Gerindra tak loloskan caleg yang direkomendasikan oleh GRIB.

Bahkan penolakan Caleg yang direkomendasikan GRIB tidak saja terjadi di Sumbar, tapi hampir di seluruh Indonesia.

"Dari 27 nama yang direkomenasikan menjadi Caleg DPR RI ke Partai Gerindra hanya dua yang lolos. Satu Sekjen DPP GRIB dan satunya lagi Ketua DPD GRIB DKI Jakarta, selebihnya tak lolos. Bahkan Ketua DKI akhirnya mundur karena tidak diakomodir di Partai Gerindra,” ujar Ketua DPD GRIB Sumbar Khadafi Azwar, Kamis (18/4) di Padang kepada wartawan.

Menurut Khadafi yang juga Panglima GRIB Sumatera itu, penolakan kader GRIB di Gerindra justru membuat GRIB mempertanyakan keputusan Gerindra. “Yang pasti ditolaknya kader GRIB jadi Caleg Gerindra, sama artinya Gerindra mengkerdilkan sendiri bapak Prabowo Subianto menjelang Capres 2014,” ujar Khadafi.

Kata Khadafi, keputusan Gerindra dinilainya berimbas langsung pada pencitraan dan popularitas Prabowo yang masih teratas dibanyak lembaga survey Capres.

Keputusan DPP

Sementara, Tim Komunikasi DPD Gerindra Sumbar Hidayat SS mengatakan untuk pencalonan di DPR RI, semua kewenangannya ada di tangan DPP. “Diterima atau tidaknya sebagai bacaleg, termasuk penentuan nomor urut ada di pengurus pusat, DPD hanya mengusulkan nama-nama calon,” ujarnya.

Hal itu, kata Hidayat, beda dengan penentuan bacaleg DPRD, meski melalui DPD, namun tetap dikoordinasikan ke DPP. (zil)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA