Date Kamis, 31 July 2014 | 20:30 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Gubernur Desak Pembentukan KJKS

Kamis, 18-04-2013 | 12:41 WIB | 148 klik

Padang, Padek—Bupati dan wali kota diminta segera membentuk Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Pasalnya, program sesuai tuntutan UU No 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian itu diyakini mampu mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Pemprov Sumbar dalam waktu dekat mengeluarkan surat edaran ke kota dan kabupaten guna merealisasikan ketentuan UU tersebut.

”Berdasarkan data Bappenas ke kita, satu-satunya kegagalan Sumbar adalah mengurangi jumlah pengangguran. Untuk angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan Indek Pembangunan Manusia (IPM), Sumbar di atas rata-rata nasional. Inilah pekerjaan besar harus kita upayakan bersama,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, di Hotel Pangeran Beach saat acara sosialisasi KJKS, kemarin (17/4).

Cara paling tepat mengurangi pengangguran dan kemiskinan, menurut Irwan, adalah melalui ekonomi kerakyatan. Berbeda dengan daerah lain berupaya mengurangi jumlah penduduk miskin dan pengangguran melalui mendatangkan investor.

”Karakteristik orang Sumbar sedikit berbeda. Mereka tak mau bekerja dengan otot, tapi dengan otak. Mereka tak suka diperintah dan diatur-atur. Orang Minang lebih suka mengatur diri mereka sendiri dalam berusaha,” ujarnya. Rata-rata orang Minang dalam menjalankan usahanya cenderung bekerja sendiri. Nah, itulah sebabnya UMKM sangat berkembang di Sumbar.

”Sesuai amanah UU No 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian, mengamanatkan untuk membentuk KJKS. Di Sumbar, hanya Padang menjalankan program ini dengan baik. Bahkan, seluruh kelurahan telah ada KJKS-nya,” ujarnya. Makanya, dia berharap kepala daerah bisa mencontoh wali kota Padang dalam mengembangkan KJKS.

Politisi PKS ini juga menyebutkan bahwa pada 26 April mendatang, dia akan mengumpulkan BUMN/ BUMD, perbankan untuk menyamakan persepsi soal program pemberdayaan masyarakat. (ayu)

”Seluruh stokeholders mesti memiliki persepsi sama, sehingga pengurangan pengangguran dapat diwujudkan salah satunya lewat KJKS,” ujarnya. (ayu)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA