Date Jumat, 25 July 2014 | 10:38 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Balapan Liar, 40 Unit Motor Terjaring

Senin, 21-01-2013 | 12:38 WIB | 273 klik

Khatib Sulaiman, Padek—Sebanyak 40 motor terjaring saat penertiban balapan liar oleh Satlantas Polresta Padang, Minggu dini hari. Penertiban yang dilakukan di tiga titik yakni Samudera, Khatib Sulaiman dan Bypass Aiepacah ini upaya meminimalisir aksi balapan liar yang mengganggu kenyamanan pengendara lain.

Pantauan Padang Ekspres, di Jalan Samudera Pantai Padang tempat aksi balapan liar, mereka seakan tidak peduli akan pengendara lain. Mayoritas kendaraan roda empat itu asyik melakukan slalom. Akibatnya, tidak jarang terjadi kemecatan panjang di kawasan ini.

Sementara di Khatib Sulaiman, adu kecepatan dilakukan para pebalap liar baik motor dan mobil. Mereka terbilang berani, karena dalam kecepatan tinggi mereka harus menghindari pengendara lainnya.

“Kalau malam minggu melintasi Jalan Khatib Sulaiman, diyakini tak akan lancar. Ini dikarenakan aksi para pebalap yang berani memblokir jalan raya ketika mereka akan start. Meski kondisi demikian, saya juga nekat menembus pemblokiran jalan ini,” ujar pengendara motor, Andi, 30, warga Andalas, dini hari kemarin (21/1).

Andi mengatakan, aksi balapan ini tergolong nekat. “Yang saya takutkan, di saat aksi pebalap menyalip dari sisi kiri dan kanan dan terjadi benturan dengan pengguna jalan lain tentu harus berhadapan dengan aparat kepolisian. Akibatnya urusan menjadi rumit,” ucap Andi.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Andiyatna mengatakan, 40 unit motor yang diamankan itu, baru bisa dikeluarkan setelah kendaraan itu dikandangkan selama satu bulan di unit Laka Lantas Polresta Padang. “Umumnya dikarenakan tidak memiliki surat lengkap seperti SIM, perlengkapan kendaraan tidak lengkap atau telah dipreteli,” kata Andiyatna. Andiyatna mengakui penjaringan terbanyak 23 unit motor di kawasan Bypass Aiapacah. “Kami juga akan menyelidiki indikasi pencurian motor dari 40 unit motor yang diamankan itu,” sebutnya.

Terkait aksi balapan liar ini, kata Andiyatna, pihaknya kembali melakukan penyiraman di ruas jalan ini. (kid)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA