Date Selasa, 29 July 2014 | 19:44 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pariwisata

Pariwisata Agam Beragam

Kamis, 10-01-2013 | 12:52 WIB | 463 klik

Agam Padek—Musim libur Sekolah yang baru lalu, objek wisata Agam ramai pengunjung. Tidak kurang 1.000 sampai 1.500 orang dalam sehari berkunjung ke objek wisata Agam.

Kepala Dinas Pariwisata Agam Junaidi kepada Padang Ekspres Senin (7/1) lalu mengatakan, memasuki libur sekolah, beberapa objek wisata di Kabupaten Agam, seperti Puncak Lawang Kecamatan Matur dan Pantai Banda Gadang Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, mengalami peningkatan pengunjung.

Menurut Juanidi, terjadinya lonjakan pengunjung karena sedang libur sekolah. Biasanya saat liburan sekolah, para orang tua mengajak putra putrinya berwisata ke objek wisata di daerah Agam.

Pengunjung, selain bisa menikmati keindahan alam juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang budaya masyarakat Agam, seperti paket wisata Forum Agro Wisata Nagari Madani Matur Kabupaten Agam.

Konsep paket wisata di Matur melibatkan pemuda dan potensi yang ada di enam nagari, meliputi Nagari Matua Hilia, Lawang, Matua Mudiak, Panta Pauah, Tigo Balai dan Nagari Parikpanjang. Semuanya berinisiatif mengekploitasi potensi wisata, budaya, sejarah, seni dan agro di tiap nagari.

“Konsep wisata di Matur bisa menjadi pengisi liburan masyarakat dan komunitas di masa liburan ini,” kata Juanaidi.

Matur memiliki daya tarik wisata bagi para pecinta alam. Mulai dari keindahan pemandangan Danau Maninjau, dikelilingi pemandangan empat gunung, Gunung Marapi, Singgalang, Talamau dan Sago serta alam perbukitan, lembah serta hamparan perkebunan tebu dan kilang tradisionalnya. Kemudian, hamparan sawah dan ladang serta wisata minat khusus seperti wisata pejalan kaki, maraton wisata melewati sungai, goa stalaknit dan stalatit, lembah serta 7 air terjun dari Kapalo Ilalang menuju Danau Maninjau.

“Selain itu, juga ada wisata bersepeda keliling kampung yang masih alami atau sepeda gunung dengan tantangan mengasyikkan sambil menikmati pemandangan alam menakjubkan, serta mengendarai motor trail menelusuri hutan belantara serta tandem paralayang dari Puncak Lawang,” katanya.

Murni, 47, salah seorang pemilik warung tradisional di Puncak Lawang mengatakan, peningkatan pengunjung memang signifikan saat libur sekolah ini dan terjadi peningkatan kunjungan mencapai 20 sampai 30 persen dari hari sebelumnya.

“Selama dua hari libur bersama, jumlah pengunjung naik mencapai 700 orang tiap hari yang berasal dari Kota Bukittingi, Payakumbuh, Padangpanjang, Pasaman dan Pekanbaru. Pengunjung ini datang ke sini secara berkelompok atau satu keluarga,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Nuzir, 52, salah seorang penjaga Pantai Banda Gadang Kecamatan Tanjung mengatakan, setiap libur sekolah Pantai Banda Gadang selalu ramai dikunjungi warga, baik dari Kabupaten Agam maupun luar Agam.(y)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA