Date Sabtu, 2 August 2014 | 09:28 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Mahasiswa IAIN Tewas saat Takziah

Kamis, 22-11-2012 | 09:48 WIB | 1373 klik
Mahasiswa IAIN Tewas saat Takziah

Kronologi Tabrakan Mahasiswa IAIN

Pasbar, Padek—Berniat untuk takziah ke rumah teman yang orangtuanya meninggal, dua mahasiswa IAIN Imam Bonjol bertabrakan dengan truk tangki sawit di jalan raya Lubukjuangan, Kenagarian Sungaiaua, Kecamatan Sungaiaua, Pasaman Barat. Akibatnya, Zainal, 23, tewas dalam perjalanan ke RSUP M Djamil Padang, sedangkan Ashabul Kahfi, 18, dirawat intensif di RSUP M Djamil Padang.

Kedua mahasiswa ini tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Imam Bonjol, Padang. Sedangkan sopir truk tangki bernama Rafuddin, 50.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00. Saat itu, kedua korban mengendarai sepeda motor Honda Vario warna merah hitam, dengan pelat nomor BB 3933 TB dari arah Simpangempat menuju Ujunggading.

Saat kendaraan yang dikendarai Zainal itu berkelok di tikungan Lubukjuangan, Sungaiaua, tiba-tiba datang truk pembawa minyak sawit (CPO) dari arah berlawanan. Keduanya sama-sama kaget dan hilang kendali. Akibatnya, korban yang diperkirakan tidak mengetahui kondisi jalan itu, menabrak bagian kanan penutup roda truk tangki berpelat nomor BA 9831 TW itu.

Kecelakaan ini menyebabkan Zainal dan Ashabul Kahfi mengalami luka parah. Zainal mengalami luka parah di bagian belakang kepala, kening, lengan kanan patah dan lainnya. Sedangkan Ashabul Kahfi, mengalami patah kaki dan sejumlah luka lainnya.

Keduanya sempat dibawa ke RS Yarsi Simpangempat, Pasbar. Karena mengalami luka parah, keduanya dirujuk ke RSUP M Djamil Padang. Di perjalanan, Zainal, yang lukanya parah akhirnya meninggal di perjalanan.

Kasat Lntas Polres Pasbar, AKP Arie Sopandi Paloh menyebutkan, saat ini sopir truk masih ditahan dan menjalani pemeriksaan di Polres Pasbar. “Kita telah ke tempat kejadian perkara (TKP). STNK, truk, dan sopirnya sudah kita amankan,” ujarnya didampingi Kanit Laka Ipda Nofirman. Ketua PMII IAIN, Yosef Firman Susilo mengatakan, Zainal sudah dikebumikan di Bukittinggi, kemarin. (roy)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA