Date Sabtu, 26 July 2014 | 18:09 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

MTQ 2013, Pasbar Siapkan Rp30 Miliar

Jumat, 12-10-2012 | 12:59 WIB | 1115 klik

Pasbar, Padek—Walaupun pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat ditabuh 2013 mendatang. Berbagai persiapan sarana prasarana terus dipacu pembangunannya. Sehingga kesiapan pelaksanaan program keagamaan itu berjalan lancar dan terlaksana dengan baik.

“Diimbau kepada seluruh SKPD/instansi yang memiliki program dalam pelaksanaan MTQ 2013 mendatang segera mempersiapkan dan melaksanakannya. Sehingga hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan MTQ nanti maksimal,” kata Bupati Pasbar H Baharuddin R di Simpangampek, belum lama ini.

Dikatakan, penunjukan Kabupaten Pasaman Barat dijadikan tuan rumah sesuai surat keputusan Gubernur Sumbar Irwan prayitno nomor 451-350-2012 tentang penetapan Pasaman Barat sebagai tuan rumah MTQ ke-35 tahun 2013. Diharapkan agar semua stakeholder dan elemen terkait serius mempersiapkan diri. Karena berhasil atau tidaknya kegiatan itu tergantung pada panitia dan lainnya.

“Saya harapkan agar semua masyarakat mendukung program ini. Termasuk mensukseskan pembangunan sarana prasarana yang sedang berlangsung saat ini,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Pasbar, Reflin, kepada Padang Ekspres di Simpangampek, kemarin, mengatakan, saat ini pemda telah menyiapkan dana sekitar Rp30 miliar untuk menyukseskan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2013. Dana itu dipersiapkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2012 dan 2013.

“Ya, saat ini pelaksanaan pembangunan infrastruktur sedang berlangsung. Seperti mimbar utama MTQ, sarana prasarana dan infrastruktur lainnya,”kata Reflin.

Dijelaskan, agar sukses acara itu arena MTQ telah dipersiapkan lokasi seluas 3,5 hektar di komplek pertanian Jorong Padangtujuah, Nagari Auakuniang, Kecamatan Pasaman. Mulai saat ini telah dilaksanakan pembenahan Kota Simpangampek sebagai ibu Kota Kabupaten Pasaman Barat. Tujuannya untuk menyambut pelaksanaan MTQ tersebut yang lebih meriah dan bermanfaat.

Persiapan itu seperti, melanjutkan pembangunan trotoar di sepanjang komplek perkantoran di Jorong Pasamanbaru, Nagari Lingkuangaua, Kecamatan Pasaman dan di komplek perkantoran Jorong Padangtujuah, Nagari Auakuniang, Kecamatan Pasaman. Seluruh jalan di dalam kota akan dibenahi. Sebagian dari ruas jalan ada yang ditingkatkan menjadi aspal hotmix.

“Bukan itu saja, dua buah gerbang utama akan dibangun, lampu penerang jalan atau mercuri sebanyak 156 unit di sepanjang jalan utama. Itu semua dilakukan untuk menyambut MTQ 2013 mendatang,”ujar Reflin.

Diharapkan, dengan terbangunnya program itu maka kota Simpangampek akan semakin indah dan tacelak. Artinya kesiapan Kabupaten Pasbar sebagai tuan rumah memang benar-benar siap dan serius dalam pelaksanaannya. Di sisi lain, bagian jalan dan lapangan udara Laban di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nanduo juga akan dibangun aspal hotmix. Sehingga para tamu atau undangan yang ingin menggunakan pesawat udara bisa memanfaatkan jalur udara.(roy)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA