Date Kamis, 31 July 2014 | 14:23 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Peraih Emas Termuda Renang Jarak Jauh

Minggu, 05-08-2012 | 10:35 WIB | 404 klik
Peraih Emas Termuda Renang Jarak Jauh

Perenang Amerika Serikat, Katie Ledecky (tengah) memeragakan medali emas

London, Padek —Pada final 800 meter gaya bebas putri, seluruh dunia menjagokan andalan Inggris Rebecca Adlington menjadi juara. Perenang 23 tahun tersebut memang menjadi ratu renang bebas jarak jauh dalam empat tahun terakhir.

Pada Olimpiade Beijing 2008 dan Kejuaraan Dunia Shanghai 2011, Becky (panggilan Rabecca) meraih emas 800 meter bebas. Hebatnya, dia juga memegang rekor dunia dengan 8 menit, 14,10 detik.

Namun siapa sangka, Becky ternyata dipecundangi secara telak oleh debutan asal Amerika Serikat Katie Ledecky. Sejak start hingga finish, Ledecky selalu memimpin di depan dan nyaman meraih emas dengan catatan waktu 8 menit, 14.63 detik.

Dengan kemenangan tersebut, Ledecky menjadi perenang termuda AS yang memenangkan emas nomor jarak jauh. Maret lalu, Ledecky baru berusia 15 tahun dan 139 hari. Remaja kelahiran Bethesda, Maryland tersebut adalah atlet termuda yang dibawa kontingen AS pada Olimpiade London 2012.

Dengan prestasinya itu, Ledecky menjadi perenang termuda kedua AS yang berhasil meraih emas dari kolam renang. Dia hanya kalah dari Beth Botsford, juara nomor 100 meter gaya punggung di Atlanta 1996. Saat itu, Bosford lebih muda 77 hari ketimbang Ledecky.

"Saya hanya ingin mengontrol pertandingan dan keluar arena secepat mungkin," kata Ledecky kepada BBC. "Saya tidak benar-benar ingin mendapatkan emas. Namun saya terima hadiah ini," imbuhnya lantas tersenyum seperti dilansir Sport Illustrated.

Pelatih renang timnas AS Yuri Suguiyama mengatakan kemenangan di London merupakan buah kerja keras Ledecky usai kejuaraan dunia junior 2011. "Sekarang dia 21 detik lebih cepat," tuturnya.

Prestasi fantastis itu membuat Ledecky mulai dibandingkan dengan pujaan AS Janet Evans. Evans mencatat hasil impresif dan merebut emas di Seoul 1988 pada usia 17 tahun. Setahun kemudian, Evans mencatat tiga rekor dunia pada kejuaraan dunia. (nur/jpnn)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA