Date Kamis, 31 July 2014 | 10:20 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Hari Ini, Seleksi ASN Sumbar

Sabtu, 31-03-2012 | 13:02 WIB | 984 klik

Padang, Padek—Mimpi masyarakat Kota untuk memperdalam ilmunya di Akademi Sepakbola Nusantara (ASN) Sumbar segera terwujud. Ini setelah panitia daerah Padang mulai membuka seleksi bagi pesepakbola U-14 dan U-15 serta U-16 dan U-17 mulai Sabtu (31/3).


”Kami harap para pemain yang ada di Padang untuk bisa mengikuti seleksi yang akan di mulai besok (hari ini, red). Seleksi itu dibuka untuk pemain kelahiran 1997-1998 dan 1995-1996,” kata koordinator talent scouting ASN Sumbar Arsil kepada Padang Ekspres, Jumat (30/3).


Khusus untuk pemain kelahiran 1997-1998 seleksi akan dilaksanakan dilapangan Putra WIjaya belakang Basko Hotel hari ini. Sedangkan untuk pemain kelahiran 1995-1996 dilaksanakan di lapangan Putra Brandon, Minggu (1/4).


Hasil ini masih akan menjalani seleksi tahap akhir untuk wilayah I sebelum Juni mendatang yang juga akan diikuti wakil dari empat provinsi lainnya; Nanggro Aceh Darussalam (NAD), Sumut, Riau dan Jambi.


Dari hasil ini nantinya akan terpilih sebanyak 44 pemain yang berhak memperdalam ilmunya di ASN Sumbar yang akan dibuka mulai Juni mendatang. Pemain ini nantinya juga berpeluang untuk bermain ditimnas U-17 dan U-19.


Hanya saja, untuk masuk skuad timnas, mereka masih akan menjalani seleksi lagi dengan pemain terbaik U-17 dan U-19 di lima wilayah lainnya di Indonesia; wilayah II Bandung, wilayah III Malang, wilayah IV Balikpapan, wilayah V Makasar, wilayah IV Manokwari.


”Jadi saya minta agar semua peserta untuk menunjukan kemampuannya pada seleksi ini. Sehingga bisa mewujudkan impiannya untuk menjadi siswa di akademi ini,” tambah pelaksana talent scouting Emral Abus.


Hadir di 6 Kota
Sebagaimana diketahui, Bagian Pembinaan Usia Muda PSSI Pusat, sudah membentuk Akademi Sepak Bola Nusantara (ASN) di enam kota. Enam kota dimaksud adalah Padang, Bandung, Balikpapan, Malang, Manokwari, dan Makassar.


Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI, Timo Scheunemann menjelaskan bahwa pembinaan pemain muda harus dilakukan jangka panjang tidak boleh jangka pendek. Menurut dia, pembinaan harus berjenjang digelar.


”Pola pikir pengembangan sepak bola usia dini harus diubah. Pemain harus dipersiapkan sejak dini dan berjenjang. Nah, itulah tujuan dibentuk ASN di enam kota dan target 33 provinsi di Indonesia hadir akademi ini. Kita mulai dari pembinaan usia 12 tahun. Kita butuh beberapa tim di setiap daerah. Memang tidak murah karena bujetnya mencapai Rp1,2 miliar,” sebut Timo.(zl/jpnn)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA