Date Rabu, 30 July 2014 | 07:54 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Petinju Pra-PON Mulai Berdatangan

Sabtu, 10-12-2011 | 13:29 WIB | 229 klik

Padang, Padek—Peserta Kejurnas Pra-PON Tinju Amatir 2011 sudah mulai berdatangan. Hingga kemarin, beberapa provinsi sudah datang ke Kota Padang untukmemperebutkan jatah tiket ke PON XVIII Riau 2012. Di antaranya kontingen Papua Barat berkekuatan 3 petinju dan 2 ofisial, Aceh 6 petinju 2 ofisial, Jabar 6 petinju 3 ofisial.


Sekum Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumbar Fazril Ale mengatakan, kejurnas tersebut akan mempertandingkan sembilan kelas putra dan enam kelas putri. Sementara itu, untuk persiapan venues tidak ada masalah lagi. Sekarang panitia sedang menggencarkan promosi acara dengan melakukan beberapa kali ekpos ke media dan memasang spanduk di 20 titik di Wilayah Sumbar.


”Technical Deligate Asril Koche juga sudah berada di Padang. Ketua Dewan Juri juga sudah sampai di Padang. Diprediksi tanggal 10 Desember sudah datang semua. Tanggal 11 Desember timbang badan dan cek kesehatan”kata Fazril, kemarin.


Di samping itu, persiapan Kejurnas Pra-PON tinju yang dibentang 11-16 Desember pun sudah mendekati 100 persen. Ketua Umum Pertina Sumbar, Togi P Tobing mengatakan keseriusannya menggelar Kejurnas Pra-PON 2011. Ini merupakan sejarah pertama Sumbar menjadi tuan rumah Kejurnas.


Untuk menjadi tuan rumah, sebut Togi, tantangannya sangat berat. Pasalnya, delapan provinsi di Sumatera juga ingin menjadi tuan rumah, termasuk Palembang yang paling siap. ”Namun berkat doa dan dukungan pemerintah serta masyarakat Sumbar, Sumbar bisa menjadi tuan rumah,” katanya.


Pertina Sumbar semakin bersemangat karena Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sangat welcome dengan diadakannya tinju amatir. Diakuinya, Gubernur dan Wali Kota Padang sangat komit dengan dunia olahraga Sumbar. Mantan Petinju Sumbar ini menambahkan,sudah 24 daerah menyampaikan keikutsertaannya secara rinci kepada panitia. Mereka sudah bersedia untuk ikut dalam Kejurnas diPadang beberapa hari lagi.


Bicara target, Togi Optimistis dari tujuh petinju yang diturunkan, lima petinju berpeluang mendapat tiket PON. Akan tetapi, persaingan semakin berat, karena seluruh provinsi sangat berambisi meloloskan atlet tinju sebanyak-banyaknya.


Keoptimisan Togi diaplikasikan melalui persiapan matang melalui training centre setelah pulang dari Mataram bulan Oktober lalu. Pertinasudah melakukan evaluasi menyeluruh agar hasil yang dicapai maksimal. ”Kami akan memberikan hasil yang terbaik. Mudah-mudahan dengan dukungan penuh masyarakat Sumbar pada pertandingan nanti, akan menjadi pemacu semangat para atlet,” ujarnya. (h)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA