Date Jumat, 1 August 2014 | 16:49 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Olahraga Prestasi dan Gaya Hidup

Selasa, 20-09-2011 | 14:04 WIB | 178 klik

Pariaman, Padek—Olahraga merupakan wadah atau medan perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa dan Negara di berbagai ajang internasional. Dengan olahraga Bendera Merah Putih bisa berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.


Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman, Mukhlis R, pada upacara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-27 dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2011, di halaman Balaikota Pariaman, Senin (19/9).


”Sekarang ini, konteks olah raga sebagai wadah atau medan perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa masih sangat relevan. Untuk itu, prestasi olahraga harus dikembangkan secara sistematis, mulai dari usia dini, massal, berjenjang hingga ke tingkat elit. Semuanya itu berlaku secara menyeluruh kepada semua cabang olahraga,” ucap wako.


Menurut wako, atlet tidak datang dari langit, namun lahir melalui proses pembinaan yang berjenjang melalui olahraga rekreasi, olahraga pendidikan di sekolah-sekolah dan pembinaan intensif melalui klub-klub serta pemusatan latihan pada tingkat regional dan nasional di setiap cabang olahraga.


”Bakat alam harus diasah melalui metode latihan yang efektif dan melibatkan sport science secara menyeluruh serta melakukan kompetisi yang berkesinambungan di semua tingkatan,” jelas wako.


Wako mengajak orang tua agar mendukung anak-anak Indonesia untuk berolahraga, dan kepada para guru untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari pembinaan karakter siswa. Pastikan ada guru olahraga yang kompeten di setiap sekolah dan madrasah.

”Jadikan kompetisi antar sekolah sebagai sarana pengembangan bibit olahragawan usia dini dan remaja. Selain itu, di lingkungan kantor-kantor pemerintah dan swasta. Untuk itu perlu mewujudkan olahraga sebagai gaya hidup manusia modern. Karena dengan olahraga hidup menjadi sehat, gembira, dan kerja jadi lebih produktif,” katanya. (nia)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA