Date Senin, 28 July 2014 | 17:19 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Pencurian Beruk Marak di Solok

Rabu, 06-04-2011 | 11:03 WIB | 320 klik

Arosuka, Padek—Tren aksi pencurian ternak semakin meluas di Kabupaten Solok. Selama ini hanya hewan ternak konsumsi seperti sapi, ayam dan itik yang kerap dicuri. Sekarang, beruk yang digunakan untuk memanjat kelapa pun ikut jadi korban.


Informasi yang diperoleh Padang Ekspres aksi pencurian itu lebih banyak terdapat di Nagari Cupak, Kecamatan Gunungtalang. Tiga ekor beruk dibawa kabur pelaku, ditambah ternak lainnya seperti ayam dan itik. Hal itu membuat masyarakat setempat merasa resah.
Beruk tersebut merupakan milik Jibun, 54, Bujang Bujik,30, dan satunya lagi masih milik warga Jorong Sawah Taluak yang raib saat diikat pemiliknya di depan rumah. Pencurian beruk itu mengakibatkan pemiliknya kehilangan pekerjaan. Mereka tak bisa lagi menjual jasa untuk menurunkan buah kelapa penduduk.


Tak mau kejadian terus berlanjut, pemuda Nagari Cupak melaksanakan ronda malam di berbagai titik yang disinyalir dijadikan sebagai titik incaran pelaku. Fil, 25, seorang pemuda asal Jorong Sawah Taluak, Nagari Cupak kepada koran ini mengaku sangat menyesalkan situasi buruk tersebut. Padahal pemuda di Nagari Cupak terus melakukan antisipasi agar dunsanak mereka tak mengalami nasib apes, kehilangan ternak.
Warga Nagari Cupak berharap kepolisian setempat lebih proaktif menciptakan suasana kamtibmas, para pencuri yang telah berhasil tertangkap hendaknya diberi hukuman berat.


Di tempat terpisah, Kapolsek Talang AKP Irwan Zani mengaku belum menerima laporan atas warga yang merasa kehilangan beruk tersebut. Kendati demikian, ia telah memerintahkan jajarannya untuk mengintai beberapa titik yang dicurigai kerap dijadikan sebagai sasaran pencurian ternak.


“Kami belum menerima laporan dari warga atas kehilangan ternak ini. Akan tetapi anggota kami telah diperintahkan untuk terus mengamankan lokasi yang ditenggarai menjadi sasaran langganan pencuri. Kita mengimbau warga untuk melaporkan kejadian tersebut,” imbaunya. (iil)
untuk mempermudah pengejaran,” tandas Irwan Zani. (iil)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA