Close

Pengertian Macam-Macam Kecanduan dan Cara Mengatasinya

Apa itu Kecanduan?

Ketergantungan atau kecanduan adalah kondisi seseorang menyukai sesuatu hal yang berlebihan dan terus menerus serta tidak mampu untuk mengendalikan keinginan tersebut.

Dalam kondisi ini, seseorang akan merasakan suatu faktor yang menjadi kebiasaan dan akan merasa ada kekosongan jika tidak mendapatkan hal yang diinginkan itu. Seperti yang dilansir dalam kumpulan artikel Ashefa Griya Pusaka yang merupakan Pusat Pemulihan Kecanduan (addiction center) tentang kecanduan dan cara mengatasi kecanduan atau ketergantungan.

Apa Penyebab Seseorang Memiliki Kecanduan atau Ketergantungan?

Kecanduan atau ketergantungan atau adiksi merupakan penyakit otak kronis yang harus segera mendapatkan penanganan yang tepat secara serius. Penyebab kecanduan adalah adanya perubahan yang terjadi pada otak. Misalkan, adanya kecenderungan menyukai terhadap suatu zat yang dapat menimbulkan ketagihan pada dirinya, namun sebaliknya justru beberapa orang lain menghindari pemakaian zat tersebut. Perbuatan ini diawali dengan timbulnya rasa ingin tahu hingga dapat merasakan kenikmatan tertentu.

Apa saja yang bisa menjadikan seseorang Kecanduan atau ketergantungan?

Berbagai macam kecanduan dapat terjadi pada diri seseorang yang ada di masyarakat saat ini, diantaranya:

  1. Kecanduan Narkoba
  2. Kecanduan Zat Adiktif
  3. Kecanduan Penggunaan Obat
  4. Kecanduan Alkohol
  5. Kecanduan Sex
  6. Kecanduan Film Dewasa
  7. Kecanduan Game Online
  8. Kecanduan Gadget

Tentunya kecanduan ini pasti diiringi dengan terlihatnya perubahan perilaku serta memiliki dampak negatif bagi diri sendiri. Misalkan, orang yang kecanduan narkoba memiliki bahaya dan dampak bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. (Contoh: penggunaan narkoba dapat merusak kesehatan diri, dapat menimbulkan kerasahan di lingkungan masyarakat, meningkatnya angka kriminal akibat penggunaan narkoba, hingga dapat menghancurkan generasi bangsa di masa depan).

Macam-macam Zat Adiktif yang dapat mengakibatkan kecanduan

Kecanduan zat adiktif adalah seseorang akan merasakan ketergantungan (adiksi) terhadap pemakaian suatu zat secara terus-menerus. Yang paling tampak dalam kecanduan zat adiktif diantanya kecanduan narkoba atau napza, alkohol dan obat. Beberapa zat yang dapat menimbulkan kecanduan narkoba antara lain:

  • * Narkoba jenis sabu yang mengandung zat methamfetamin yang dapat menimbulkan ketergantungan pada penggunanya, sebab pengguna tidak merasakan capek atau lelah saat mengkonsumsinya.
  • * Narkoba jenis Ganja yang mengandung zat adiktif Tetrahodrokanabinol dana kanabidiol yang memberikan efek euforia pada penggunanya.
  • * Narkoba jenis inex atau ekstasi yang mengandung zat adiktif Metilendioksimetamfetamina memberikan efek pengguna sangat aktif ketika menggunakan.
  • * Kecanduan obat Alprazolam yang termasuk dalam golongan psikotropika mengandung zat adiktif Benzodiazepin dapat memberikan efek ketenangan yang dirasakan oleh pengguna.
  • * Kecanduan obat tramadol. Tramadol termasuk dalam golongan opioid narkotika yang tidak memberikan efek perubahan perilaku pada penggunanya. Penggunaan obat Tramadol ini harus menggunakan resep dokter sebagai obat pereda rasa sakit atau analgesik. Penggunaan tramadol secara berlebihan dan tidak sesuai sengan anjuran dokter akan berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya.
  • * Obat Dumolid termasuk golongan Benzodiazepine yang mengandung zat Nitrazepam. Kandungan zat tersebut dapat membantu orang yang mengalami insomnia. Penggunaan obat Dumolid ini harus sesuai anjuran dokter.
  • * Serta masih banyak jenis jenis narkoba dan obat-obatan lainnya yang mengandung zat adiktif dan memberikan efek negatif serta dampak bagi penggunanya.

Tidak saja kecanduan zat adiktif, kecanduan psikotropika juga dapat menyebabkan perubahan perilaku bagi pecandu.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan atau Ketergantungan Melalui Program Rehabilitasi?

Dibutuhkan penanganan yang serius terhadap kecanduan yang diderita oleh seseorang, sebab adiksi merupakan penyakit otak kronis yang harus segera disembuhkan atau pulihkan. Salah satu cara mengatasi yaitu dengan mengikuti program rehabilitasi sesuai dengan tahapan dan rencana rawatan yang telah diberikan. Rehabilitasi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang telah disusun untuk perawatan pemulihan bagi seseorang melalui metode dan tahapan tertentu. Diperlukan penanganan yang serius yang dilakukan oleh psikiater dan psikolog serta tenaga profesional yang berkompeten dibidang adiksi, dan juga dapat mengunjungi Ashefa Griya Pusaka yang merupakan Pusat Pemulihan Ketergantungan (Addiction Center), dengan menghubungi Hotline 081388884646 atau anda dapat mengunjungi website www.ashefagriyapusaka.co.id

Tinggalkan komentar