close

Mengenal Perbedaan Digital Marketing vs Social Media Management

Digital marketing dan social media management merupakan dua hal yang sangat berbeda. Walaupun demikian, masih banyak orang awam yang kurang mengerti dengan kedua hal tersebut. Ini menyebabkan sering timbulnya salah persepsi dan pemahaman dari masyarakat.

Nah, apakah Anda adalah salah satu dari orang awam tersebut? Jika iya, maka ketahui sejumlah perbedaan antara digital marketing dengan social media management dalam informasi yang dikupas secara ringkas di artikel ini!

Mengenal Pengertian Masing-Masing

Demi menyelaraskan pemahaman Anda tentang masing-masing pengertian dari digital marketing dan social media management, maka ketahuilah dua poin penjelasan singkat di bawah ini:

  • Digital Marketing

Merupakan aktivitas pemasaran suatu merek, produk, atau jasa suatu bisnis atau pribadi dengan memanfaatkan media digital dan digolongkan dalam 2 jenis yakni online (berbasis internet) dan offline (berbasis non internet).

  • Social Media Management

Adalah suatu proses pembuatan, penerbitan, dan analisa konten yang telah diposting dalam suatu platform media sosial, contohnya Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya – serta tentu saja terlibat dengan audiens atau pengguna platform itu.

Sekarang Anda telah mengetahui bahwa digital marketing dan social media management sama-sama melakukan kegiatan yang bertujuan menyebarluaskan sesuatu. Namun, bisa dikatakan jika digital marketing sendiri lebih general ketimbang social media management.

Mengenal Penggolongan Masing-Masing

Telah disebutkan dalam bagian pengertian bahwa digital marketing memiliki 2 golongan yaitu online dan offline. Demi mempermudah Anda dalam memahami masing-masing penggolongan tersebut, berikut adalah poin-poinnya:

  • Digital Marketing Golongan Online

Golongan ini mengandalkan keberadaan internet sebagai nadi kehidupannya, agar bisa tetap optimal dan memberikan hasil. Contohnya seperti search engine optimization, content marketing, email marketing, social media marketing, dan sejenisnya.

Intinya, digital marketing online ini beroperasi melalui internet. Tanpa adanya internet, maka digital marketing satu ini bisa tidak berguna dan sia-sia. Karena untuk mengaksesnya sendiri wajib menggunakan sambungan internet.

  • Digital Marketing Golongan Offline

Kalau golongan digital marketing yang ini justru lebih senior. Mengapa tidak? Sebab, operasinya cukup menggunakan media elektronik yang sudah eksis bahkan sebelum maraknya keberadaan internet di khalayak luas. Contohnya radio, TV, dan billboard.

Nah, itulah penggolongan untuk digital marketing. Lalu bagaimana dengan social media management? Sudah bisa ditebak, ia tidak memiliki penggolongan, karena memang aktivitas satu ini sudah paling spesifik dan merupakan anak cabang dari social media marketing.

Jadi, di dalam social media marketing, terdapat aktivitas-aktivitas tertentu. Nah, salah satu yang paling signifikan adalah social media management dimana kegiatannya seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan tentang pengertiannya.

Social Media Management Bagian dari Digital Marketing

Dari paparan sebelumnya dapat ditarik benang merah bahwa social media management adalah bagian dari social media marketing yang merupakan salah satu anggota dari golongan digital marketing online.

Strategi dan pengaturan mengenai konten hingga penjadwalan unggahannya ada dalam social media management. Selain itu, biasanya hasil dari setiap pemasaran yang dilakukan melalui media sosial pun dievaluasi untuk dijadikan pembelajaran atau acuan kedepannya.

Kini, social media management bisa dilakukan secara mandiri, melalui aplikasi, atau bisa juga dengan menyerahkannya pada jasa profesional. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri untuk bisnis Anda.

Apabila Anda berminat menerapkan pemasaran lewat media sosial, maka jangan ragu untuk menyerahkannya pada tim profesional jasa content writer dari IndonesianWriter! Konsultasikan kebutuhan Anda segera sekarang!

Tinggalkan komentar