close

Contoh Press Release Perusahaan Berdasarkan Jenis-Jenisnya 

Salah satu cara paling efektif untuk menjalin komunikasi dengan publik yaitu menggunakan siaran pers. Contoh press release atau siaran pers yang tepat yaitu berisi informasi terbaru. Tujuan perusahaan membuat siaran pers untuk memberikan informasi dan mengurangi risiko disinformasi.

Definisi Siaran Pers atau Press Release

Contoh press release produk merupakan sarana menyampaikan informasi mengenai produk atau perusahaan. Umumnya, PR perusahaan kerap kali mengandalkan iklan koran untuk menginformasikan apa yang terjadi di perusahaan. Tidak hanya sebagai sarana publikasi, siaran pers juga berfungsi sebagai alat untuk memberi informasi kepada publik.

Perusahaan akan melakukan siaran pers ketika mengadakan event tertentu berkaitan dengan perusahaan. Ada juga yang mengartikan siaran pers sebagai pemberitahuan resmi yang disampaikan perusahaan. 

Contoh Press Release Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Pada dasarnya tidak ada batasan baku pada contoh press release pemerintah dan perusahaan. Perusahaan bisa membuat siaran pers berdasarkan kebutuhan, namun demikian ada beberapa jenis yang umum Anda jumpai, seperti:

  • General News

Bentuk paling umum dari siaran pers yaitu general news. Umumnya, jenis siaran pers ini berisi berita, namun kerap kali perusahaan memodifikasinya. Perusahaan menggunakan general news untuk mengabarkan berita ke beberapa pihak. Contoh press release dari jenis ini yaitu menyampaikan berita saat perusahaan mendapatkan penghargaan.

  • Launch Release

Sedangkan jenis launch release umumnya berkaitan dengan peluncuran produk, situs, atau hal-hal yang sifatnya pertama kali. Format dari siaran pers ini sama dengan tipe general news, akan tetapi menekankan pada hal yang akan datang. Jenis siaran pers ini sama dengan contoh pers release kegiatan kampus karena menggunakan bahasa santai.

  • Event Press Release

Event press release berkaitan dengan event yang sedang berlangsung pada sebuah perusahaan. Jenis siaran pers ini akan menjelaskan detail-detail event perusahaan. Sedangkan format dari siaran pers jenis ini tidak harus memenuhi kaidah 5W1H. Anda bisa menyusun dengan format berbentuk list, outline hingga poin-poin acara.

  • Product Press Release

Jenis product press release tidak jauh berbeda dengan launch. Perbedaan terletak pada spesifikasi produk. Contoh press release jenis ini akan menyampaikan keunggulan produk dan lebih lengkap. Selain itu, Anda juga bisa menilai apakah produk dari sebuah perusahaan tersebut bagus atau tidak.

  • Executive, Staff, and Employee Press Release

Jenis executive, staff and employee press release ini biasa digunakan oleh perusahaan besar ketika mengumumkan perekrutan karyawan. Terlebih lagi ketika perusahaan membutuhkan karyawan untuk posisi penting. Anda bisa menggunakan siaran pers jenis ini berkaitan dengan penunjukan direktur atau komisaris baru.

Isi siaran pers jenis ini umumnya memberi informasi mengenai biografi karyawan baru. Perusahaan akan memperlihatkan foto agar orang-orang segera tahu. 

  • Expert Position Press Release

Contoh press release jenis expert umumnya untuk menjelaskan tentang seseorang. Bedanya dengan jenis sebelumnya yaitu terletak pada penjelasan kemampuan seseorang di bidang tertentu. Sokongan dari pihak ketiga sangat dibutuhkan pada jenis siaran pers ini, sebab perusahaan menggunakan jasa orang tersebut.

  • Rebranding Press Release

Rebranding press release merupakan contoh siaran pers yang menjelaskan perubahan pada image perusahaan. Hal ini penting, sebab banyak orang merasa tidak nyaman akan perubahan dari brand ternama. Adanya siaran pers ini, perusahaan akan membangun komunikasi yang jelas kepada masyarakat tentang alasan perubahan image yang terjadi.

Memahami contoh press release akan membantu perusahaan menyampaikan informasi dengan jelas kepada masyarakat. Terutama ketika terjadi perubahan pada perusahaan, seperti adanya perubahan logo. Masyarakat akan menerima informasi dengan lengkap mengenai alasan perubahan tersebut.

Tinggalkan komentar