close

Apa Itu Conversion Rate? Yuk Intip Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu conversion rate? Bagi orang awam, conversion pasti menjadi kata baru yang terdengar sangat asing. Namun, perlu Anda ketahui bahwa conversion merupakan salah satu elemen yang penting dalam pemasaran online. Sebab, semakin tinggi angka conversion maka akan semakin menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Apa Itu Conversion Rate?

Apa itu conversion rate? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa conversion merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis online. Mengapa demikian? Sebab, conversion sendiri berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang sedang melakukan konversi.

Lalu, apa itu konversi? Konversi sendiri merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengunjung yang sesuai harapan pemilik website. Salah satu contoh konversi ialah berlangganan newsletter dengan memberikan data diri, membuat akun di website tersebut sampai membeli layanan yang ditawarkan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebelum melakukan conversion tersebut, pastikan Anda mengetahui jumlah pengunjung yang sudah melakukan konversi. Bagaimana cara mengetahui jumlah pengunjung yang sudah melakukan konversi?

Cara menghitungnya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu membagi jumlah pengunjung yang sudah melakukan konversi dengan total pengunjung website, kemudian dikali 100. Maka, hasil dari perhitungan tersebut merupakan total jumlah pengunjung yang sudah melakukan konversi.

Cara Meningkatkan Conversion Rate

Setelah mengetahui apa itu conversion rate? Selanjutnya Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk meningkatkan conversion rate. Hal ini tentu akan menjadi nilai tambah untuk produk yang akan Anda jual. Bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan conversion rate? Yuk cek di bawah ini.

1. Menggunakan Pop-Up

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan iklan pop-up. Biasanya, iklan pop-up tersebut akan muncul saat Anda berselancar di dunia maya. Tidak hanya itu saja, bahkan Anda bisa menemukan fitur po-up yang muncul di handphone Anda atau dikenal dengan sebutan USSD.

2. Membuat CTA

CTA atau Call To Action, biasanya dibuat dalam berbagai bentuk, teks, tombol maupun gambar. Anda juga bisa menemukan CTA dengan mudah dalam email, platform situs web, SMS dan sosial media.

3. Layanan CS

Nah, bagi Anda yang kurang mengerti mengenai instruksi pada sebuah situs web atau deskripsi produk di sebuah e-commerce, maka Anda bisa menggunakan jasa CS atau Customer Service. CS sendiri memiliki tugas untuk menjelaskan serta mempromosikan produk. CS juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif.

Sebab, dengan adanya layanan ini, maka akan menjadi nilai tambah untuk conversion rate Anda. Sehingga, Anda bisa mengetahui tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan dengan menjawab pertanyaan dan membantu menyelesaikan keluhan yang muncul.

Manfaat Conversion

Pembahasan selanjutnya ialah mengenai fungsi dari conversion. Di mana conversion sendiri memiliki fungsi  yang sangat berguna untuk Anda sebagai pelaku bisnis. Nah, apa saja manfaat dari conversion? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Tanggap dalam Mengidentifikasi Masalah yang Ada

Dengan adanya conversion, maka Anda bisa merencanakan langkah yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Sehingga, hal tersebut bisa mengurangi efek penurunan yang tidak teratur. Tidak hanya itu saja, bahkan dengan adanya conversion tidak akan menghambat perolehan pertumbuhan dan pendapatan bisnis.

2. Membantu dalam Memahami Trik Sukses Pemasaran

Selain itu, conversion juga akan membantu Anda dalam memahami dominasi serta pengaruh sebuah merk yang paling diminati di pasaran. Pengetahuan tersebut akan membantu Anda untuk memotivasi kinerja perusahaan dan mengoptimalkan strategi pemasaran di platform yang ada.

3. Memanfaatkan Kesempatan

Ternyata conversion akan membantu Anda supaya tidak lagi kehilangan kesempatan yang ada. Namun, Anda perlu mengetahui cara mengkonversi pelanggan lama maupun baru. Tapi, dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwasanya, mengkonversi pelanggan lama 65% lebih mudah daripada mengkonversi pelanggan baru.

4. Membuat Pemasaran Perusahaan Menjadi Lebih Optimal

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan ialah mengoptimalkan strategi pemasaran yang ada. Sebab, jika Anda tahu cara penggunaan conversion yang tepat, maka strategi pemasaran Anda akan berhasil, biaya yang dibutuhkan pun akan lebih minim. Apalagi, hampir setiap perusahaan online secara otomatis mengarahkan traffic ke situs Anda

Demikianlah informasi mengenai apa itu conversion yang perlu Anda ketahui. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan conversion, silakan menggunakan jasa pembuatan conversion yang banyak tersebar seperti, optimasi.ai. Jasa tersebut akan memberikan Anda banyak keuntungan yang sulit didapatkan pemberi jasa lainnya.

Tinggalkan komentar