close

7 Keunggulan AlliSya Care yang Harus Kamu Ketahui dan Rasakan Manfaatnya

Apakah Asuransi Kesehatan merupakan hal penting yang harus Anda miliki? Jika mengingat banyak ketidakpastian dalam hidup serta kondisi saat ini yang kian menantang akibat munculnya pandemi Covid-19, maka jelas Anda sangat perlu memiliki proteksi yang dapat melindungi dan meminimalisir terjadinya risiko yang bisa berakibat fatal pada finansial Anda dan keluarga.

Kemunculan Covid-19 sejak akhir Desember 2019 mengingatkan Anda bahwa gangguan kesehatan bisa datang secara tiba-tiba tanpa seorang pun bisa memprediksinya. Sementara itu, biaya pengobatan medis kian hari makin mahal. Itu sebabnya, perlu adanya perlindungan finansial dalam menghadapi kebutuhan biaya kesehatan yang sifatnya mendadak.

Pengertian Perlindungan Asuransi dalam Kesehatan

Asuransi jenis ini merupakan sebuah perlindungan ketika Tertanggung mengalami risiko berupa sakit atau kecelakaan. Jika terjadi, pihak perusahaan penerbit Polis memiliki kewajiban untuk membayar biaya pengobatan, sesuai dengan yang tertera pada akad perjanjian dan buku Polis.

Dengan demikian, Tertanggung tidak perlu khawatir stabilitas finansialnya terganggu akibat kondisi sakit mendadak ataupun terjadinya kecelakaan tersebut. Tertanggung hanya perlu mengajukan klaim, maka biaya pengobatan akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi sesuai ketentuan yang berlaku di dalam Polis.

Saat ini, ada dua jenis asuransi, yaitu konvensional dan syariah. Jika Anda ingin memiliki perlindungan yang sesuai dengan syariat Islam, maka Anda bisa memilih salah satu produk Allianz, yaitu AlliSya Care.

Keunggulan AlliSya Care yang Harus Anda Tahu

Demi memenuhi kebutuhan Nasabah, Allianz Indonesia menghadirkan salah satu produk asuransi kesehatan terbaik berbasis syariat yang dinamakan dengan AlliSya Care. Simak keunggulan AlliSya Care yang Harus Anda ketahui

1. Pengelolaan Secara Syariah dan Terbuka

Keunggulan yang pertama adalah pengelolaan yang sesuai dengan prinsip syariah. Mengingat ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa asuransi konvensional tidak syar’i, maka Allianz melalui AlliSya Care, berusaha memberikan solusinya.

Produk ini menerapkan konsep tolong-menolong dan saling berbagi risiko antara para peserta, dengan membayarkan suatu kontribusi tertentu (tabarru’). Adapun pihak perusahaan asuransi hanya berupa pengelola dan tidak memiliki hak atas dana tersebut, kecuali sebagian kecil sebagai jasa pengelolaan.

Oleh karena menggunakan konsep Asuransi Syariah, AlliSya Care juga menerapkan pelaporan dana tabarru’ secara terbuka. Dengan demikian, para peserta bisa mengetahui penggunaan uang tersebut.

Adapun pengelolaan dana tabarru’ adalah dengan menginvestasikannya sesuai aturan dan hukum Islam.

Anda pun tidak perlu khawatir, sebab ada perwakilan dari DSN (Dewan Syariah Nasional) yang terdiri dari dua orang, bertugas untuk mengawasi jalannya investasi, memberikan saran, dan menjadi mediator antara pihak AlliSya Care dengan DSN. Dengan begitu, Anda akan merasa tenang karena pengelolaan dana yang terkumpul tidak akan melenceng dari syariat.

2. Adanya Fasilitas Cashless

AlliSya Care juga menyediakan fasilitas cashless, yang membuat Anda tidak perlu membayar biaya pengobatan di muka. Seluruh biaya pengobatan akan menjadi tanggungan pihak Asuransi. Anda hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan, maka penanganan medis dapat langsung diabayarkan oleh pihak penerbit Polis tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Mengingat terjadinya risiko kesehatan merupakan hal yang tidak seorang pun bisa memprediksinya, cara klaim ini menjadi solusi yang tepat. Dengan demikian, para peserta tidak perlu menyediakan dana darurat kesehatan lagi, karena sudah memiliki perlindungan ketika harus mendadak berobat, sehingga dana darurat untuk kesehatan bisa dialoksasikan ke dana tabungan atau investasi lainnya.

Hanya saja, untuk mendapatkan layanan ini, Anda harus mendatangi fasilitas kesehatan yang telah memiliki jaringan dengan Allianz-AdMedika, dalam hal ini khususnya AlliSya Care. Apabila kesulitan menemukan rumah sakit mana yang bekerja sama dengan AlliSya Care, Anda bisa menghubungi customer service Allianz atau AllianzCare Sharia di nomor 1500 139. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan Agen Pemasar Polis untuk memberikan informasi tersebut.

3. Terdapat Fasilitas Reimbursement

Sedang berada di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan yang ada dalam jaringan perusahaan Allianz-Admedika? Tidak usah khawatir, karena Anda bisa menggunakan fasilitas eAZy Claim, di mana Anda bisa menagjukan penggantian dana pengobatan kepada pihak asuransi secara reimbursement atau permohonan penggantian biaya pengobatan yang sebelumnya telah Anda lakukan secara mandiri.

Meskipun demikian, ada hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu mengenai batas pertanggungan pada Polis. Cek dengan teliti, jenis penyakit apa yang menjadi tanggungan pihak Asuransi. Perhatikan pula batas maksimal pertanggungannya.

Apabila merasa ragu, Anda bisa menanyakan informasi tersebut ke customer service AlliSya Care atau melalui AllianzCare di 1500 139, atau bahkan ke Agen asuransi Anda. Ini sebabnya, Anda harus selalu tetap terhubung dengan Agen tersebut, agar memudahkan jika ada pertanyaan atau keluhan di kemudian hari.

4. Manfaat Asuransi Kesehatan AlliSya Care

Ada beberapa perlindungan yang menjadi manfaat AlliSya Care, di antaranya adalah rawat inap, dan manfaat pilihan. Kamu bisa memilih akan mendapatkan manfaat tambahan berupa rawat jalan, santunan harian rawat inap, biaya persalinan, atau perawatan gigi.

Manfaat tambahan tersebut berupa rider (asuransi tambahan), yang akan menambah keuntungan sesuai dengan kebutuhan dan pilihan Anda jika memiliki Polis AlliSya Care.

Beragam layanan dan manfaat ini akan membuatmu merasa aman terhadap risiko kesehatan yang mungkin terjadi secara mendadak. Jangan lupa konsultasikan dengan Agen Asuransi mengenai apa saja manfaat terbaik yang perlu Anda dapatkan dari AlliSya Care.

5. Bisa Membeli Rider (asuransi tambahan)

Apabila ingin memiliki perlindungan lebih lengkap, Anda bisa memilih untuk membeli rider, berupa AlliSya Hospital & Surgical Care. Asuransi tambahan ini memberikan layanan terkait tindakan operasi dan kesehatan secara komprehensif.

Metode klaim pada rider ini juga sama, yaitu menggunakan pilihan cashless maupun reimbursement, di mana pelayanan bisa Anda dapatkan di fasilitas kesehatan di rumah sakit jaringan Allianz-Ademika, ataupun di luar jaringan rumah sakit Allianz-Ademika di seluruh Indonesia.

Keunggulan lain dari rider ini adalah tidak adanya maksimal klaim untuk rawat inap. Selain itu juga terdapat perlindungan 24 jam worldwide coverage (layanan di seluruh dunia).

Dengan produk ini, Anda juga berkesempatan mendapatkan layanan evakuasi medis darurat, yaitu penyediaan transportasi untuk pasien yang memerlukannya untuk menuju rumah sakit. Layanan ini juga sangat bermanfaat ketika terjadi risiko kecelakaan.

Adapun perhitungan biaya tabarru’ untuk layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Menghitungnya berdasarkan usia dan jenis kelamin.
  • Mempertimbangkan risiko dari kondisi peserta, apakah merokok atau tidak.
  • Perhitungan tabarru’ akan meningkat sesuai dengan usia peserta
  • Pembayaran dengan menggunakan metode pemotongan langsung (otomatis), dari unit investasi milik peserta.

6. Adanya Pembagian Surplus Underwriting

Satu lagi keunggulan asuransi kesehatan terbaik dari Allianz ini adalah adanya pembagian tabarru’ yang terkumpul. Dana tersebut dapat Anda terima kembali, jika hingga akhir masa berlakunya Polis tidak ada klaim dan melakukan perpanjangan.

Artinya, di dalam Asuransi Kesehatan Syariah tidak ada dana hangus. Semua tabarru’ yang terkumpul akan kembali kepada peserta AlliSya Care. Pihak perusahaan hanya akan memotong sebagian kecil dana, sebagai upah jasa pengelolaan.

Hal ini merupakan salah satu keunggulan Asuransi Syariah jika dibandingkan dengan jenis produk Asuransi Konvensional lainnya.

7. Potongan Kontribusi

Sebagai salah satu asuransi kesehatan terbaik, Allianz melalui AlliSya Care berusaha memberikan layanan dan kemudahan optimal. Contohnya, Kamu bisa mendapatkan potongan kontribusi sebanyak 5% apabila mengikutsertakan anggota keluarga lainnya.

Tentunya akan menguntungkan, karena selain seluruh keluarga terlindungi, ada juga potongan tabarru’. Di samping itu, kamu leluasa memilih salah satu di antara delapan plan perlindungan yang tersedia. Diskusikan dengan Agen asuransi untuk menentukan plan yang paling sesuai.

AlliSya Care Untuk Semua

Setelah melihat banyaknya keunggulan Asuransi Kesehatan terbaik dari lini syariah Allianz, tentu Anda akan mendapati bahwa produk ini merupakan pilihan yang tepat. Lantas, usia berapakah yang bisa menjadi peserta perlindungan ini?

Sebagaimana kita ketahui bahwa AlliSya Care merupakan produk Allianz yang memberikan perlindungan bagi pribadi maupun keluarga, maka pesertanya bisa bergabung sejak usia 15 hari, hingga 60 tahun.

Sehingga, seluruh anggota keluarga bisa mendapatkan perlindungan secara optimal. Apabila terjadi risiko, maka para peserta akan mendapatkan penanganan medis dengan segera tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

Bagaimana jika berusia lebih dari 60 tahun? Perlindungan bagi peserta dengan usia lebih dari 60 tahun hanya berlaku bagi peserta yang melakukan perpanjangan saja. Oleh sebab itu, pentingnya membeli polis Asuransi sejak muda, bahkan dari bayi sekalipun.

Frekuensi Pembayaran Premi (tabarru’)

Apabila sudah memutuskan untuk ikut serta dalam asuransi kesehatan AlliSya Care, tentu Anda harus turut berkontribusi dengan menyetorkan tabarru’. Pilihannya adalah bulanan, per tiga bulan, maupun per semester. Namun, frekuensi pembayaran ini berlaku untuk jenis klaim reimbursement.

Lain halnya jika ingin mendapatkan fasilitas klaim dengan metode cashless, maka frekuensi pembayarannya adalah per tahun. Namun, meski terlihat dalam nominal cukup besar, pembayaran per tahun jelas lebih besar manfaatnya. Hal ini karena metode tanpa tunai sangat meringankan beban ketika terjadi kondisi darurat akibat perawatan atau pengobatan medis.

Adapun untuk metode pembayaran tabarru’ bisa melalui berbagai cara, di antaranya adalah dengan transfer bank, maupun debit, dan kartu kredit.

Setelah proses selesai dan telah terdaftar, Anda bisa langsung mendapatkan manfaatnya, tanpa adanya masa tunggu. Jadi, perlindungan langsung berlaku segera setelah Polis terbit. Kecuali untuk persalinan, terdapat masa tunggu sebelum mendapatkan manfaatnya.

Apabila memiliki penyakit khusus, para peserta harus menunggu 12 bulan, baru bisa mendapatkan perlindungan. Adapun untuk pre-existing (penyakit yang sudah ada sebelumnya), terdapat kebijakan bahwa perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya.

Cara Mendaftar Asuransi AlliSya Care

Jika tertarik untuk memiliki produk Allianz – AlliSya Care ini, ada baiknya Anda lakukan dengan segera. Hal ini karena tidak ada siapa pun yang bisa memprediksi kapan datangnya sakit, maupun kecelakaan. Dengan memiliki Asuransi, artinya Anda dan keluarga akan terlindung.

Adapun syarat mendaftar AlliSya Care adalah:

  • Fotocopy KTP, Kartu Keluarga, buku nikah (jika peserta adalah suami istri), dan Akta lahir (jika peserta adalah anak).
  • Melampirkan bukti transfer tabarru’
  • Lengkapi dengan rekam medis atau hasil medical check up

Sudah siap memiliki perlindungan melalui asuransi kesehatan AlliSya Care? Silakan langsung menghubungi Agen tepercaya sesuai preferensi Anda untuk mendapatkan polisnya.

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

NAP :

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi,

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / [email protected]

 

Google Maps :

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan Asuransi AlliSya Care dari Allianz Life Indonesia?
    Jawab: AlliSya Care merupakan asuransi syariah yang menerapkan konsep tolong-menolong dan saling berbagi risiko antara para peserta, dengan membayarkan suatu kontribusi tertentu (tabarru’). Adapun pihak perusahaan asuransi hanya berupa pengelola dan tidak memiliki hak atas dana tersebut, kecuali sebagian kecil sebagai jasa pengelolaan.
  2. Apa saja keunggulan AllisyaCare dari Allianz Life Indonesia?
    Jawab: Ada tujuh keunggulan utama AllisyaCare dari Allianz Life Indonesia, yaitu:
    – Pengelolaan Secara Syariah dan Terbuka
    – Adanya Fasilitas Cashless
    – Terdapat Fasilitas Reimbursement
    – Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik, AlliSya Care
    – Bisa Membeli Rider (asuransi tambahan)
    – Adanya Pembagian Surplus Underwriting
    – Potongan Kontribusi
  3. Usia  berapakah yang dapat menjadi peserta dari AlliSya Care ini?
    Jawab: AlliSya Care merupakan produk Allianz Life Indonesia yang memberikan perlindungan bagi pesertanya sejak usia 15 hari, hingga 60 tahun. Perlindungan bagi peserta dengan usia lebih dari 60 tahun hanya berlaku bagi peserta yang melakukan perpanjangan saja

Tinggalkan komentar