Ciri Ciri Pohon Karet Kebo

Ciri Ciri Pohon Karet Kebo

Apakah yang ada dalam bayangan Anda ketika mendengar nama pohon yang unik ini? Mungkin yang terfikirkan adalah sebuah pohon yang menghasilkan karet dari batang pohon yang besar. Kurang lebih nama tersebut cukup mewakili ciri-ciri pohon karet kebo secara harfiah. Walau pohon ini juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti Pohon karet merah, Batang Kajai, Bak Rambong dan Rubber Plants.

Kenali Ciri-ciri Pohon Karet Kebo

Selain getahnya dapat diolah menjadi karet, masih banyak manfaat lainnya dari pohon ini. Setiap bagian dari pohon memiliki bentuk tidak biasa serta khasiat yang berbeda-beda. Kenali ciri-cirinya sebagai berikut.

Akar

Sistem perakaran stabil dan kuat dengan jenis tunggang. Jadi pohon dapat tumbuh menjulang tinggi. Akar dapat menjalar mencari sumber makanan yang membuatnya dapat tumbuh subur bahkan pada area yang kering. Baca juga: Ciri Ciri Pohon Bunut

Daun 

Pohon Karet Kebo memiliki daun yang berubah warna sesuai usia. Saat berupa daun muda warnanya merah hati. Setelah menua warnanya berubah jadi hijau tua. Daunnya bertangkai, selang seling dan tunggal. Fiturnya lonjong dengan pangkal runcing. Permukaannya mengkilap dengan tepian rata. Daun karet kebo manfaatnya bisa untuk stroke, maag, rematik dan berbagai penyakit kulit. Baca juga: Ciri Ciri Pohon Loa

Buah

Pohon kebo karet menghasilkan buah. Bentuknya bulat telur dengan ukuran sekitar 1 cm, dengan warna kuning kehijau-hijauan. Setiap buah mengandung biji. Baca juga: Ciri Ciri Tumbuhan Pakis Haji

Biji 

Di dalam buah pohon karet kebo terdapat biji yang bulat dengan warna keputih-putihan. Bijinya juga berukuran cukup besar lengkap dengan lapisan kulit yang keras. Ini adalah ciri-ciri pohon karet kebo yang siap jadi bibit baru. Baca juga: Ciri Ciri Tumbuhan Melinjo

Getah 

Ciri pohon karet kebo yang paling ketara adalah getahnya. Material alami yang disebut lateks ini terdapat dihampir semua bagian tanamannya.

Batang 

Bagian batangnya besar berbentuk silinder dan bisa sampai 30 cm. Cara menanam pohon karet kebo umumnya adalah dengan membuat stek batang. Permukaannya halus dengan warna kecoklatan tua. Kalau menua batang dan cabang menjulurkan akar menggantung.

Bunga

Pohon ini menghasilkan bunga tunggal yang mirip dengan mangkuk hijau. Bentuk bunganya cantik dengan kelopak mangkuk, kepala sari yang bulat dan berwarna gelap. Putiknya bulat dan hitam dengan mahkota menyerupai pita yang halus dan kuning.

Itulah berbagai ciri-ciri pohon karet kebo. Agar anda dapat menemukannya dengan mudah? Tiap bagian memiliki ciri baik ukuran yang besar di atas rata-rata atau warnanya yang kekuningan, kehijauan dan putih.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Karet Kebo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel