Date Sabtu, 26 July 2014 | 02:57 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Travel Wajib Masuk Terminal

Kamis, 19-09-2013 | 11:56 WIB | 226 klik

Solok, Padek—Selain bus jenis Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Solok juga mewajibkan seluruh travel untuk memasuki Terminal Bareh Solok.Terhadap yang melanggar, akan disangsi.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Solok, Eva Nasri, mengatakan, aturan wajib masuk Terminal Bareh Solok terhadap bus travel dikarenakan kendaraan tersebut masuk kategori kendaraan angkutan umum, sehingga tidak ada pengecualian saat melintasi Kota Solok. Tidak hanya hanya bagi travel asal Solok, namun juga dari luar.

“Untuk meramaikan dan mengoptimalkan fungsi terminal, kita terpaksa bertegas-tegas. Selain AKDP dan AKAP, hal yang sama juga diberlakukan terhadap angkutan umum jenis travel,” terangnya.

Menyikapi menjamurnya jumlah travel liar, pihaknya juga mengaku sebelumnya telah melakukan pendataan ke sejumlah lokasi yang ditenggarai sebagai tempat ngetemnya bus umum illegal tersebut. Alhasilnya, sebahagiannya terdaftar, dan belasan lainnya liar. Mengantisipasi hal-hal tak dinginkan, Pemko Solok surati pengusaha travel liar tersebut untuk secepatnya mengurus izin operasi sesuai mekanisme, memakai nomor polisi plat kuning.

Selain penertiban travel, pernetiban juga dilakukan terhadap terminal bayangan, puluhan pangkalan ojek di titik-titik strategis kawasan pusat kota, serta persimpangan jalan. Sehingga diharapkan tidak lagi mengganggu arus lalulintas.(t)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA