Date Sabtu, 26 July 2014 | 05:17 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

MoU Gakumdu Pilkada Ditandatangani

Kamis, 25-04-2013 | 12:30 WIB | 202 klik

Padangpanjang, Padek—Upaya mewujudkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2013, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Polres dan Kejaksanaan Negeri Padangpanjang melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang diselenggarakan Rabu (24/4) di Aula Mapolres setempat.

Ketua Panwaslu Kota Padangpanjang, Agus Salim menyebut sesuai dengan fungsi sebagai pengawas tidak berkompeten mengeksekusi pelanggaran. Melalui sentra Gakumdu, sangat penting keberadaannya untuk membahas bersama terkait munculnya indikasi pelanggaran.

Meski Padangpanjang merupakan kota kecil, peluang pelanggaran pidana Pemilu bisa saja terjadi. Kemungkinan itu bisa saja muncul, baik dari dalam maupun dari luar, yang sengaja ingin melakukan perbuatan pelanggaran.

"Dengan segala keterbatasan dan Gakumdu sebagai lembaga baru lahir, kami sangat mengharapkan peran aktif instansi terkait. Panwaslu sebagai leading sector Gakumdu, mengharapkan terjalinnya komunikasi terbuka lintas instansi guna menyukseskan Pilkada di kota ini," harap Agus Salim.

Kapolres Padangpanjang AKBP Sofyan Hidayat menjelaskan, tujuan kerjasama ini merupakan sarana untuk mendiskusikan segala permasalahan menyangkut tindak pidana Pemilu. Yang mana dalam pelaksanaan aturan hukum khusus untuk Pilkada mengacu pada UU nomor 8 tahun 1981 tentang KUHP.

Kapolres juga menyebutkan kerjasama ini merupakan tindak lanjut koordinasi antara Bawaslu, Kapolri dengan Kejagung. Terkait dengan tindak pidana pemilu dengan menggunakan KUHP, Kapolres menegaskan sehingga siapapun juga yang melangggar tindak pidana Pemilu bisa ditahan jika memenuhi syarat .

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Padangpanjang, Siti Aisyah pada kesempatan yang sama menyebutkan Gakumdu nantinya diharapkan akan mempercepat dalam setiap proses pelanggaran akibat pemilu khususnya pelanggaran pidana.

“Gakumdu diharapkan meminimalisir pelanggaran,” ujar Siti. (wrd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA