Date Rabu, 23 July 2014 | 10:54 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Anak Tiga Tahun Bayar Tiket

Selasa, 25-12-2012 | 12:48 WIB | 154 klik

Sawahan, Padek—Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumbar telah memberlakukan kewajiban bagi penumpang berusia di bawah tiga tahun membayar tiket. Kebijakan itu diambil sesuai amanah UU 23/2007 tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian. Dengan kebijakan itu, seluruh penumpang mendapat jaminan asuransi.

Pasal 167 Ayat (1) menjelaskan, penyelenggara sarana perkeretaapian wajib mengasuransikan terhadap pengguna jasa. “Artinya, ada kewajiban kita selaku penyelenggara untuk mengasuransikan seluruh penumpang,” kata Manejer Humas PT KAI Divre II Sumbar, Romeyo, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Diberlakukannya pembelian tiket bagi seluruh penumpang tanpa terkecuali anak di bawah 3 tahun, katanya, agar semua penumpang yang mempunyai tiket otomatis mendapatkan asuransi. “Untuk asuransi tersebut kita sudah kerja sama dengan asuransi Jasindo, perusahaan asuransi BUMN,” sebut Romeyo.

Romeyo mengakui jika sebelumnya ada penggratisan biaya tiket bagi penumpang anak di bawah 3 tahun. Sejak diberlakukan kebijakan penghapusan penggratisan tersebut, seluruh penumpang kini diwajibkan membayar tiket termasuk anak di bawah 3 tahun. “Kebijakan ini sudah jalan, efektifnya sejak Senin (17/12) lalu hingga ke depan,” ulasnya.

Ditambahkan Romeyo, menyambut Natal dan Tahun Baru 2013, PT KAI (Persero) Divre II Sumbar selaku pengelola perkeretaapian di Sumbar, memberangkatkan satu kereta api lagi. Penambahan kereta api itu untuk mengatasi lonjakan penumpang yang naik kereta api selama liburan.

Tambahan kereta api itu bernama kereta api wisata Dang Tuanku. Kereta api ini beroperasi dari tanggal 24 Desember hingga tanggal 1 Januari 2013 dengan rute dari Padang ke Pariaman. “Dari Padang berangkat pukul 08.30,” paparnya.

Romeyo menjelaskan, setiap harinya PT KAI (Persero) Divre II Sumbar juga mengoperasikan kereta api regular Sibinuang yang diberangkatkan setiap hari yakni pukul 06.00 dan pukul 13.00. (bis)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA