Date Rabu, 30 July 2014 | 05:53 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Politik

Konflik PKB Goyang Posisi Fraksi

Kamis, 12-07-2012 | 12:11 WIB | 277 klik

Limapuluh Kota, Padek—Konflik internal di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Limapuluh Kota akhir-akhir ini diprediksi bakal memakan korban. Kondisi tersebut disebut-sebut juga bakal mengancam posisi anggota DPRD dari Fraksi Partai tersebut.

Endrijon Datuak Junjungan yang kini duduk di komisi C DPRD Limapuluh Kota, diisukan telah melakukan pelanggaran aturan saat melakukan perjalanan keluar atau kunjungan kerja. Sebab menurut kabar yang berkembang, Endrijon telah melakukan perjalanan mewakilkan keberangkatannya kepada orang lain. Jika benar hal itu dilakukan, tentunya merupakan sebuah pelanggaran aturan yang bisa berakibat fatal terhadap anggota dewan bersangkutan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Harmen, ketika di temui Padang Ekspres di kantornya, Selasa (10/7). Namun sejauh ini, menurut Harmen, belum ada laporan kepada pimpinan.

”Partai dan DPRD merupakan arena politik, segala sesuatu yang erat kaintan dengan politik akan mudah terjadi. Sehingga kita harus teliti membaca setiap perkembangan situasi dan kondisi. Namun sejauh ini belum ada laporan resmi kepada pimpinan soal kabar tersebut. Jika benar tentunya akan berakibat fatal,” ungkap Harmen.

Dihubungi terpisah, Sekretaris DPRD (Sekwan) Limapuluh Kota, Husin Darwan, mengaku belum ada laporan tentang persoalan tersebut. ”Belum ada laporannya kepada kami disini, namun untuk lebih jelasnnya silahkan ditanyakan kepada ketua komisi C soal keberangkatan tersebut,” saran Sekwan.

Ketua Komisi C DPRD Limapuluh Kota, Syukron membantah adanya anggota komisi C yang melakukan kunjungan kerja ke Bali dengan digantikan orang lain, seperti kabar yang muncul tersebut. ”Selama ini anggota komisi C yang diisukan tersebut mengikuti kunker bersama kita,” terang Syukron.

Merasa Dizalimi

Endrijon Datuak Junjungan membantah keras kabar miring yang ditujukan kepadanya, sebab tidak benar keberangkatannya dalam kunjungan kerjanya diwakilkan kepada orang lain. Menurutnya ini adalah permainan politik yang dilancarkan orang-orang yang tidak menyukainya di partai.

”Saya merasa dizalimi dengan adanya kabar miring seperti itu. Saya tidak pernah malakukan hal seperti yang di kabarkan tersebut. Ini merupakan upaya politik yang dilancarkan oleh orang-orang yang tidak menyukai saya,” ungkapnya.

Untuk memastikan hal tersebut, kata Endrijon silakan tanyakan kepada Sekwan kebenarannya. ”Sekwan lebih mengetahui lebih jauh soal itu,” ungkap Endrijon.

Politisi PKB tersebut mengakui, saat ini memang ada sedikit persoalan di tubuh partai. Sehingga hal ini dinilai adalah bagian dari permainan politik yang sedang dilancarkan untuk menggoyang posisinya di partai maupun di dewan. ”Ya memang ada sedikit persoalan di partai saat ini, namun kita akan hadapai situasi dengan tenang,” ungkap Endrijon.

Ketika ditanya soal posisinya yang mungkin akan terancam di DPRD, Endrijon menjawab optimistis. ”Semua itu tidak mudah, untuk PAW tentunya ada prosedur sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (fdl)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA