Date Jumat, 25 July 2014 | 15:56 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Nilai UN SD Jeblok

Rabu, 20-06-2012 | 12:52 WIB | 834 klik
Nilai UN SD Jeblok

FOTO : SY RIDWAN/PADEK

Tan Malaka, Padek—Pengumuman hasil ujian nasional (UN) SD serentak, kemarin (19/6). Meski seluruh peserta ujian dinyatakan lulus, namun nilai rata-rata di Padang jeblok dibanding tahun lalu; dari 7,4 menjadi 7,36.

“Evaluasi awal kami, turunnya nilai UN tahun ini menandakan ada proses belajar yang belum dijalankan dengan baik oleh guru,” kata Kepala Dinas Pendidikan Padang, Indang Dewata didampingi Kabid TK dan SD, Musdek kemarin.

Musdek menilai guru belum menjalankan proses pembelajaran dengan baik dan benar. Ini terlihat dari proses pembelajaran di kelas 1-3, masih banyak guru menerapkan sistem per mata pelajaran. Idealnya, murid diajak rileks dalam belajar dengan menggunakan metode bermain atau bercerita.

“Untuk mengevaluasi ini, kami akan berkoordinasi dengan pengawas sekolah. Terutama bagi kelas rendah, jika materi dasar sudah kuat tentu materi selanjutnya bisa dipahami murid dengan baik,” imbuh Musdek.

Tahap awal akan dievaluasi tiga komponen. Yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. “Tiga komponen ini mempengaruhi pola pendidikan secara umum,” paparnya. (ek)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA