Date Kamis, 24 July 2014 | 19:59 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pemerintahan

Kinerja Dishubkominfo Dipertanyakan

Jumat, 27-04-2012 | 12:28 WIB | 346 klik

Bukittinggi, Padek—Capaian kinerja Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dalam pembahasan Laporan Kerja Pertanggung Jawab Wali Kota Bukittinggi di pertanyakan Pansus. Pasalnya capaian kegiatan yang dimuat dalam LKPJ capaian Dishubkominfo 100 persen. Sementara kenyataannya masalah parkir masih semrawut dan pengelolaan retribusi dan pajak parkir masih dinilai mengalami kebocoran dan tidak sampai target.


Hal itu di ungkapkan anggota Panitia Khusus (Pansus) LKPJ, M Nur Idris. Menurutnya penyajian LKPJ sudah benar dan enak dibaca. Namun apakah pencapaian kinerjanya sudah sesuai kenyataannya, itulah yang dievaluasi Pansus LKPJ.


”Misalnya, kegiatan Dishub pencapaiannya disampaikan terealisasi 100 persen. Apakah benar sudah 100 persen, dan dimana datangnya penilaian tersebut bila dihubungkan kenyataannya masalah parkir masih semraut dan pengelolaan retribusi dan pajak parkir masih ada kebocoran dan tidak sampai target,” ungkap Idris.


Ditambahkan Idris, begitu juga terhadap kinerja SKPD yang kinerjanya kurang 100 persen capaiannya. ”Kenapa ini tidak tercapai tapi realisasi keuangannya sudah 100 persen,” papar Idris


Pansus juga mempertanyakan capaian kinerja bidang pendidikan yang tidak 100 persen. Menurut Idris, sebagai urusan desentralisasi, seorang kepala daerah tidak saja diukur kuantitas kelulusan tetapi harus lebih kepada kualitas kelulusan yang dibarengi dengan perencanaan anggaran APBD.


”Namun laporan bidang pendidikan belum menunjukan hasil maksimal. Itu baru dua hal yang secara umum sedang disorot dewan dalam LKPJ. Namun untuk mendalami LKPJ, Pansus akan memanggil 29 kepala SKPD 26-30 April,” katanya. (fd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA