Date Jumat, 1 August 2014 | 22:54 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Kepala KUA Kayutanam Diberhentikan

Rabu, 29-02-2012 | 12:39 WIB | 1129 klik

Padang, Padek—Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar telah telah mengusulkan pemberhentian tetap Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kayutanam Padangpariaman, Afzan dari statusnya sebagai pegawai Kemenag. Sebelumnya, Afzan telah dicopot Kepala Kanwil Kemenag Sumbar dari jabatannya sebagai Kepala KUA.


“Kini tinggal tunggu SK pemberhentian tetap dari Kemenag Pusat,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Ismail Usman, kemarin (28/2).
Dia mengatakan, untuk pemberhentian secara resmi dari pegawai Kemenag, sepenuhnya adalah tanggung jawab dari Sekjen Kemenag RI. Ismail menyebutkan, Kemenag akan segera meminta SK dari Sekjen Kemenag RI untuk pemberhentian secara tetap terhadap pegawai KUA yang terlibat masalah asusila.


Diberitakan sebelumnya, Afzan, S.Ag diringkus jajaran Polresta Padang di dekat kantor Mapolsekta Kototangah, Padang. Ia kedapatan berada di dalam mobil dengan anak di bawah umur dalam keadaan tak berbusana. Kini, Afzan ditahan di kantor Mapolresta Pariaman.


Aksi bejat Kepala KUA ini, diketahui saat jajaran Polresta Padang menggelar razia kendaraan bermotor di kawasan Kototangah, Selasa (21/2) malam.


Untuk penggantinya, Kemenag telah mengangkat Kepala KUA Kayutanam sementara hingga ada pemilihan Kepala KUA definitif melalui prosedur yang berlaku. “Untuk kasus ini, bisa saja terjadi karena adanya ikatan yang berjauhan antara suami dan istri. Misalnya salah seorang pegawai, bertugas di Padang, sementaranya istrinya bertugas di Mentawai. Otomatis ini menjadi gangguan psikologis yang mampu menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan,” ulasnya.


Ismail berjanji akan mencarikan jalan keluar untuk pegawai Kemenag yang bertugas jauh dari keluarga. Yakni dengan cara menyatukan mereka agar tidak berjauhan, tanpa mengabaikan pekerjaan.


Ia juga mengatakan, kasus yang tejadi di Kemenag Sumbar ini agar menjadi pelajaran untuk seluruh pegawai yang bekerja di lingkungan Kemenag. Sebelumnya Kemenag Sumbar telah memberikan arahan kepada 160 kepala KUA se-Sumbar di aula Kemenag dan memberikan penegasan untuk pegawai yang bertindak melampaui batas, serta pemberian sangsi pemberhentian bagi yang melanggar. (mg10)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA