Date Kamis, 31 July 2014 | 16:26 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pemerintahan

Lantik 2 KUKMI, Tara Siap Pindah Dapil

Pemerintah Dinilai belum Pro-UMKM

Senin, 20-02-2012 | 13:13 WIB | 316 klik
Pemerintah Dinilai belum Pro-UMKM

Siap bertugas: Pengurus KUKMI Limapuluh Kota saat dilantik Sabtu (18/2) malam l

Limapuluh Kota, Padek—Ketua Umum Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) Azwir Daini Tara menilai, pemerintah belum pro terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Perbankan juga masih belum memberi ruang yang sama terhadap pelaku sektor rill. Buktinya, kredit tanpa agunan, masih sulit untuk didapat.


“Dari data yang ada di KUKMI, pemerintah belum pro dengan pelaku UMKMN. Bunga bank untuk pengusaha kecil masih besar. Ini berbanding terbalik dengan negara lain di Asia, seperti Cina misalnya,” ujar Azwir Daini Tara saat melantik pengurus KUKMI Limapuluh Kota di bawah pimpinan Safarudin Dt Bandaro Rajo di Hotel Mangkuto, Sabtu (18/2) malam.


Azwir juga mengulang hal yang sama kepada Padang Ekspres usai melantik pengurus KUKMI Payakumbuh di bawah pimpinan H Sudirman Rusma di Ngalo De Villa, Minggu (19/2) siang. Menurut anggota DPR RI ini, China memang negara sosialis. Namun sistem kepemimpinan nasionalnya kokoh. Pemerintahnya tidak biarkan, sektor rill dimasuki asing.


“Di negeri kita, jangankan sektor rill, minyak, gas dan pertambangan, dikuasai asing. Sistem kepemimpinan nasional kita rapuh. Apakah ini reformasi yang kita kehendaki? Walau demikian, kepada anggota KUKMI saya titip pesan, kita jangan mengeluh, kita jangan mengemis. Kita harus ikut bersama pemerintah, bangun UMKM,” kata Azwir Daini Tara.


Bagian lain, Azwir D Tara mengemukakan niatnya untuk pindah daerah pemilihan pada pemilu 2014 mendatang. “Bila kemarin di Sumbar I, saya ingin pindah ke Sumbar II. Untuk Sumbar I ada kader saya, Boni Tara. Kedepan, saya akan lebih banyak berbuat untuk daerah ini. Utamanya, untuk Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” ujarnya.


Pelantikan pengurus KUKMI Limapuluh Kota dan Payakumbuh, berlangsung sama-sama meriah. Di Limapuluh Kota, KUKMI merekrut sejumlah wali nagari dan politisi Golkar, seperti Ketua Perwana Budi Febriandi, Wali Nagari Taeh Syafrizal Dt Patiah, Z Aulia Dt Tun Patiah, Syamsul Mikar, Harmi ZA, Ronald Akhyar, Yasmidar, Dewi Novita, dan Ketua KNPI Feri Lesman Riswan Dt Bandaro Rajo.


Sedangkan di Payakumbuh, KUKMI juga merekrut Ketua KNPI Budi MHD Budi Ananda, Sekretaris KNPI Dipa Surya Persada, Bendahara KNPI Desmawati Amran, Kadiskopperindag Syofyan, birokrat senior Mediar Indra, Kepala BLUD Hendri Refdinal, dan sejumlah tokoh Golkar. Seperti, Mirwan, Maharnis Zul, YB Dt Parmato Alam, HW Dt Rajo Mangkuto. (frv)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA